Recent Post



Tingkatkan Hasil Budidaya Buah Naga, Babinsa Lakukan Pembenahan Dan Pengikatan Tanaman.

SOLOK, BN-News-Buah naga menjadi komoditas buah yang paling dicari di kalangan masyarakat. Hal ini tentu membuat banyak petani buah mulai mencari cara menanam buah naga untuk dibudidayakan.

Kopda Wahyu Nasution Babinsa Koramil 06/Singkarak Kodim 0309/Solok, melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian yaitu penanaman buah naga.

Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif (P3MP) ini bekerja sama dengan masyarakat Nagari binaan di lahan bapak Erizal yaitu penanaman buah naga dengan luas lahan 25 x 25 M, bertempat di Nagari Sumani, Kec. X Koto Singkarak, Kab. Solok, Senin (12/9/2022).

Manfaat buah naga melimpah membuat banyak petani berinisiatif untuk melakukam penanaman dan pengembangan buah naga. Selain itu harga buah naga yang relatif masih mahal menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak orang yang berlomba-lomba untuk menanamnya.

Seperti hal yang dilakukan petani Nagari Sumani Kec. X Koto Singkarak yang bekerja sama bersama Babinsa dalam pembudidayaan tanaman buah naga. 
Kegiatan saat ini melaksanakan pembenahan serta pengikatan pohon buah naga dengan perkembangan tanaman sudah memasuki usia tanam 194 hari.

Kopda Wahyu Nasution mengatakan, buah naga merupakan tanaman yang tergolong mudah dalam penanamannya. Tidak membutuhkan teknik khusus agar bisa menanam buah naga ini. Pada umumya, tanaman buah naga yang sering ditanam adalah buah naga yang memiliki warna kulit merah dan pada bagian dagingnya berwarna putih dengan biji-biji halus berwarna hitam. 

"Dalam perawatan dan pemeliharaan tanaman buah naga agar dapat berkembang dengan baik. Yang harus perhatikan adalah pemupukan, penyiraman dan pemangkasan cabang yang tidak diperlukan," sambungnya. 

Ia berharap dengan budidaya buah naga ini dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat," tutur Kopda Wahyu Nasution.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar