Recent Post



Meminimalisir Serangan Hama Tanaman Terong, Babinsa Lakukan Penyemprotan Insektisida.

SOLOK, BN-News-Serka Edi Sunardi Koramil 08/Bukit Sundi Kodim 0309/Solok, bersama masyarakat Jorong Koto Kaciek melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit Produktif (P3MP) dibidang Pertanian yaitu perawatan terong hijau dan terong ungu di Jorong Koto Kaciek, Nagari Muara Panas, Kec. Bukit Sundi, Kab. Solok, Senin (12/9/2022). 

Dalam melakukan budidaya tanam terong baik terong ungu ataupun terong hijau pastilah akan ada kendala yang dialami, salah satunya serangan hama dan penyakit. 

Serangan hama penyakit tersebut dapat menimbulkan hal yang merugikan seperti pertumbuhan lambat, produktivitas menurun dan gagal panen bahkan tanaman mengalami kematian. 

Babinsa Koramil 08/Bukit Sundi Serka Edi Sunardi menyampaikan saat ini perkembangan tanaman terong tersebut sudah berumur 25 Minggu dan sedang melaksanakan perawatan dan pembersihan serta penyemprotan hama dengan menggunakan obat Insektisida Sidabas, agar hasil panen terong tersebut lebih maksimal," ucapnya. 
"Dengan membersihkan area tanaman dari gulma dapat menekan serangan hama tanaman, gulma dan rumput liar bisa menjadi tanaman inang bagi hama tersebut," lanjutnya. 

Menciptakan lahan budidaya yang bersih dapat meminimalisir serangan hama dan juga penyakit. Untuk pengendalian secara kimiawi, gunakan insektisida tepat sasaran dengan dosis yang tepat. Dosis yang berlebihan akan membahayakan lingkungan dan manusia serta menyebabkan sifat resistan pada hama.

Kegiatan tersebut dilakukan agar tanaman dan buah terong tidak terkena hama, mengingat cuaca tidak menentu yang bisa menyebabkan hama menyerang dan tanaman terong bisa mati.

Upaya dalam pendampingan tersebut merupakan salah satu dalam upaya aparat kewilayahan dalam meningkatkan ketahanan pangan yang merupakan program pemerintah serta dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi petani," pungkas Serka Edi Sunardi.(PENDIN0309). 

Posting Komentar

0 Komentar