Recent Post



KAN Talang Gelar Batagak Gala Malewakan Y. Dt. Kayo Dari Kaum Suku Kuti Anyia

TALANG, BN News -  Kerapatan Adat Nagari (KAN) Talang, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, menggelar acara Batagak Gala Y. Dt. Kayo (70 tahun) sebagai Penghulu Andiko kaum Suku Kuti Anyia Nagari Talang. 

Prosesi Batagak Gadang malewakan Yauman Dt. Kayo tersebut, dipimpin langsung Ketua KAN Talang, B. Dt. Tampanhulu, dengan Pembawa acara Sekretaris KAN Talang, J. Dt. Sutan Nan Gadang. 

Acara sakral bagi Y. Dt. Kayo yang diawali dengan pembacaan doa oleh ustad Ibrahim itu, dihadiri Angku-Angku/Niniak Mamak, Imam, Bila, Katik dan juga Bundo Kanduang se - Nagari Talang. 

Selain dihadiri isteri, anak, cucu, menantu dan kemenakan yang bermukim dikampung halaman di Nagari Talang, juga hadir anak-kemenakan Y. Dt. Kayo yang dari perantauan.

Seperti dari Jakarta dan Bekasi, dipimpin oleh Yuniarti, S.Pd, yang juga adalah seorang Guru Sekolah Dasar di Jakarta itu. 

Y. Dt. Kayo sendiri, menggantikan posisi gelar adat Dt. Kayo sebelumnya, yang disandang Drs. H. Bachtaruddin (Almarhum) , yang wafat pada 2 Maret 2022 lalu. 

Ketua KAN Talang B. Dt. Tampanhulu dalam sepatah katanya diacara itu menyebutkan, prosesi Batagak Gadang ini, tidak mengurangi arti dan makna keberadaan Y. Dt. Kayo ditengah-tengah Nagari, ditengah-tengah Kerapatan Adat Nagari Talang. 

Karena ujar B. Dt. Tampanhulu mengemukakan, adat sudah Beliau isi, Limbago sudah Beliau tuang. 

" Sesuai dengan pituah lamo, mangangkek Penghulu sepakat kaum, mangangkek Rajo sapakek alam " ucap B. Dt. Tampanhulu, dalam logat Minang. 

Inilah yang perlu kita lestarikan kata B. Dt. Tampanhulu dan perlu kita jaga. Agar tidak ada lagi pendapat-pendapat lain, tentang prosesi tentang prosesi Batagak Gadang di Nagari Talang. 

" Kok tibo di paruik mungkin ndak ka dikampihan, kok tibo di mato ndak ka dipiciangkan " tutur B. Dt. Tampanhulu. 

Selain itu kata B. Dt. Tampanhulu menyebutkan, dengan telah dikukuhkanya Y. Dt. Kayo, maka Y. Dt. Kayo yang sudah ditinggikan seranting dan didahulukan selangkah oleh kaumnya di Suku Kuti Anyia Nagari Talang, maka Y. Dt. Kayo harus menjalankan amanat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. 

" Tentunya, mahukum adil, manabang data, manimbang samo barek, kusuik nan ka manyalasaian, karuah nan ka manjaniahan " ucap B. Dt. Tampanhulu. 

Ketua KAN Talang B. Dt. Tampanhulu juga berpesan dan berharap kepada Y. Dt. Kayo, karena sudah resmi menyandang gelar Dt. Kayo dan sudah bergabung kedalam Kerapatan Adat Nagari (KAN) Talang. 

" Kedepan, Y. Dt. Kayo, hendaknya juga bisa menjadi penyejuk bagi kaum Suku Kuti Anyia khususnya, masyarakat Nagari Talang dan juga di Kerapatan Adat Nagari Talang " pungkasnya. 

Sementara itu, usai acara Batagak Gala, Y. Dt. Kayo, seusai acara Batagak Gala mengatakan, Insya Allah dirinya akan menjalankan amanat sebagai seorang Penghulu dengan sebaik mungkin. Dan seadil mungkin. 

" Karena, amanah yang dipercayakan kepada saya, juga akan saya pertanggung jawabkan kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa " ucap Y. Dt. Kayo.***

Pewarta : Ris

Posting Komentar

0 Komentar