Recent Post



Danramil Berserta Babinsa Koramil 06/Singkarak Hadiri Undangan Musrenbang Di Nagari Saniang Baka.

SOLOK, BN-News-Danramil bersama Babinsa Saniang Baka Koramil 06/Singkarak Kodim 0309/Solok, menghadiri undangan dengan kegiatan Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) di Aula Kantor Wali Nagari Saniang Baka, Kec. X Koto Singkarak, Kab. Solok, Rabu (28/9/2022). 

Kegiatan Musrenbang ini turut dihadiri oleh Camat X Koto Singkarak, Ketua BPN Saniang Baka, Danramil 06/Singkarak, Babinsa Saniang Baka, Babinkatibmas Saniang Baka, Wali Nagari Saniang Baka, Dinas pertanian Kabupaten Solok, Dinas PU Kabupaten Solok, Dinas litbang Kabupaten Solok, Dinas Koperindag Kabupaten Solok, Ninik Mamak/Bundo Kandung dan Tokoh masyarakat Saniang Baka. 

Kopda Jefri Jhon mengatakan Musrenbang adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya," ucapnya. 

Lanjutnya, Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar desa.
Adapun dalam Musrenbang ini membahas tentang merumuskan pembangunan di Nagari Saniang Baka dan merencanakan agenda pembangunan di Nagari Saniang Baka anggaran tahun 2023.

Danramil 06/Singkarak Letda Inf Selamat Riadi menyampaikan tujuan khusus dilaksanakan Musrenbang untuk menampung dan membahas usulan di tingkat basis (RT), menampung dan membahas usulan kegiatan di tingkat Rw, menetapkan usulan yang akan didanai oleh Dana Desa atau Nagari, menetapkan usulan kegiatan yang akan diajukan pada musrenbang Kecamatan, menetapkan delegasi Musrenbangdes/kel yang akan mengikuti musrenbang kecamatan. 

"Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) adalah dokumen perencanaan untuk periode 1 tahun yang memuat rancangan kerangka ekonomi desa. Dalam musyawarah ini diharapkan bisa melahirkan perencanaan pembangunan yang betul-betul dibutuhkan masyarakat," ungkapnya.

Pemerintah Desa/Nagari bekerjasama dengan seluruh komponen masyarakat dalam melaksanakan tahap demi tahap perencanaan pembangunan Desa/Nagari yang berkesinambungan," tutup Letda Inf Selamat Riadi.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar