Recent Post



Dampingi Masyarakat Produktif, Sertu Dedi Hermanto Lakukan Perawatan Tanaman Kacang Tanah.

SOLOK, BN-News-Sertu Dedi Hermanto Babinsa Koramil 04/Payung Sekaki Kodim 0309/Solok, bersama masyarakat produktif bapak Burhanudin Ilyas melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif bidang pertanian yaitu penanaman kacang tanah, di Jorong Halaban Nagari Payangkalan Kec. Kubung Kab. Solok, Selasa (20/9/2022). 

Kacang tanah merupakan tanaman yang sudah sejak lama dikenal masyarakat Indonesia. Biasanya, budidaya tanaman kacang tanah dilakukan di sawah atau tegalan, dalam sistem tumpang sari maupun rotasi tanaman. 

Sebagai bahan pangan, biji kacang tanah memiliki manfaat yang sangat banyak bagi makanan manusia, makanan ternak, bahan minyak goreng dan kandungan proteinnya yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Semakin meningkatnya kebutuhan tentang bahan kacang tanah menyebabkan harus adanya solusi untuk membuat budidaya kacang tanah, yang dapat menghasilkan produksi panen yang lebih banyak dari sebelumnya.

Sama hal yang dilakukan oleh Babinsa Panyangkalan Sertu Dedi Hermanto membantu masyarakat petani produktif dalam penanaman kacang tanah, kegiatan ini sudah berjalan selama 56 hari mulai dari proses membuka lahan baru sampai dengan sekarang. 
Adapun lahan milik petani bapak Burhanudin Ilyas ini memiliki luas tanah 8 × 20 M persegi. Kali ini Sertu Dedi Hermanto membantu melaksanakan perawatan tanaman kacang tanah serta penyisipan tanaman yang tidak tumbuh.

Sertu Dedi Hermanto mengatakan, dalam hal mengantisipasi hama tanaman yang menyerang kacang tanah biasanya berupa uret (pemakan akar), ulat penggulung daun, ulat grayak, dan ulat jengkal," ujarnya. 

Dengan melakukan perawatan yang baik dan intensif, kacang tanah akan tumbuh dengan subur. Hal ini mampu meningkatkan prosentase kemungkinan panen kacang tanah yang melimpah.

“Perawatan yang tepat dan intensif, kemungkinan panen melimpah jadi tinggi. Jika panen melimpah tentu saja merupakan keuntungan tersendiri bagi para petani," ungkap Babinsa.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar