Recent Post



Babinsa Bantu Penyiapan Lahan Tanaman Cabai Rawit Di wilayah Binaan.

SOLOK, BN-News-Anggota Koramil 12/Sangir Kodim 0309/Solok, Babinsa Serda Laswardi melaksanakan kegiatan penyiapan lahan cabai rawit putih dalam rangka kegiatan P3MP (Program Pemberdayaan dan Masyarakat Produktif). 

Kegiatan penyiapan lahan produktif bidang pertanian tanaman cabau rawit putih, bekerja sama dengan masyarakat bapak Neki, luas lahan 20x40 M yang jumlah bibit 1000 batang, bertempat di Jorong Lubuk Rasak, Nagari Lubuk Gadang Timur Kec. Sangir, Kab. Solok Selatan, Senin (12/9/2022). 

Pendampingan dalam membantu petani senantiasa dilakukan oleh Babinsa sebagai bentuk upaya untuk membantu petani dalam meningkatkan ketahanan pangan serta kesejahteraan para petani, hal tersebut menjadi salah satu bagian dari tugas dan tanggung jawabnya sebagai aparat teritorial yang ada di wilayah.

Dalam kesempatan yang sama Babinsa Serda Laswardi mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan dalam membantu petani ini sudah menjadi bagian dari tugas kami sebagai Babinsa yang mana mengingat kebutuhan cabai dan harga yang ada di pasaran dapat meningkatkan perekonomian warga binaan yang berprofesi sebagai petani cabai.
Dalam penyiapan pengolahan lahan cabai rawit ini Babinsa bersama petani cabai mengolah lahan dengan menggunakan alat sederhana seperti cangkul. Dari tahap pengemburan tanah, pembuatan bedengan dan dilanjutkan dengan pemasangan plastik mulsa. 

Lanjutnya, setelah selesai melakukan pemasangan plastik mulsa dengan tujuan menjaga kelembapan tanah, nantinya akan dilanjutkan penanaman bibit yang sudah disiapkan 1000 batang bibit cabai rawit. 

"Semoga dengan adanya pendampingan Babinsa dalam pengolahan lahan cabai rawit guna meringankan beban petani dan guna mempercepat masa tanam," tutur Serda Laswardi. 

Babinsa berharap kegiatan yang di lakukan tersebut dapat menjadi motivasi serta semangat para petani untuk bercocok tanam, sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal serta dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi kehidupan keluarga para petani," tutupnya.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar