Recent Post



Atasi Pertumbuhan Gulma Pada Tanaman Jagung Pioner, Babinsa Lakukan Penyemprotan Secara Rutin.

SOLOK, BN-News-Serda Irwandi Babinsa Koramil 12/Sangir Kodim 0309/Solok, bersama masyarakat melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian yaitu penanaman jagung pionir tanah Seluas 0,5 h di Nagari Padang Limau Sundai, Kec.Sangir Jujuan Kab. Solok Selatan, Kamis (22/9/2022). 

Jagung adalah salah satu tanaman serealia penting di Indonesia, selain sebagai tanaman bahan pangan pokok pengganti beras dalam upaya diversifikasi pangan, jagung juga merupakan pakan ternak.

Jagung memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena kandungan nutrisinya, diantara manfaatnya yaitu dapat menurunkan hipertensi sehingga dapat mencegah penyakit jantung. Jagung dapat mengontrol diabetes, memperlancar pencernaan, mencegah sembelit dan wasir karena jagung kaya akan serat, bahkan dapat menurunkan risiko kanker usus besar. 

Serda Irwandi menyampaikan, ada beberapa teknik budidaya jagung yang dapat diterapkan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, hal pertama yang harus dilakukan adalah penggunaan benih unggul bermutu bersertifikat sehingga menjamin kualitas dan kuantitas jagung yang akan dihasilkan.
"Kegiatan yang dilakukan ini sudah berjalan selama 11 minggu mulai dari penanaman jagung pioner pembersihan rumput dan penyemprotan rumput yang dilaksanakan secara rutin, supaya hasil yang dicapai bisa maksimal," terang Serda Irwandi. 

Gulma adalah tanaman pengganggu yang tumbuh diantara tanaman utama. Gulma mengganggu karena bersaing dengan tanaman utama terhadap kebutuhan unsur hara, air, cahaya dan ruang tumbuh, sehingga produksi tanaman menjadi tidak optimal. 

"Teknik pengendalian gulma pada dasarnya dapat dilakukan dengan berbagai teknik seperti secara manual, mekanis, teknik budidaya maupun dengan penggunaan bahan kimia (herbisida)," ujarnya. 

"Makanya, pembersihan gulma penting dilakukan, karena keberadaan gulma dapat menghambat pertumbuhan tanaman utama, baik padi maupun jagung. Dengan begitu tanaman dapat tumbuh secara optimal," pungkasnya.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar