Recent Post



Tingkatkan Hasil Produksi Tanaman Bawang Merah, Babinsa Lakukan Pendampingan Serta Berikan Motivasi.

SOLOK, BN-News-Bagi seorang Babinsa berbaur bersama masyarakat sudah menjadi kewajiban dalam melaksanakan tugas pokok baginya, terlebih dengan petani yang ada di Desa atau Nagari untuk memberikan pendampingan, motivasi dan edukasi.

Kopda Almerio, Babinsa Koramil 02/Lembang Jaya Kodim 0309/Solok bersama masyarakat melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif (PPMP) dibidang pertanian yaitu penanaman bawang seluas 10 x 10 M di Nagari Limau Lunggo, Kec. Lembang Jaya, Kab. Solok, Jumat (5/8/22). 

pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa dapat memotivasi para petani untuk lebih giat lagi dalam bercocok tanam sehingga hasil panen akan semakin meningkat dengan sendirinya dan akan menambah pendapatan para petani.

"Saat ini jenis tanaman yang di kembangkan adalah penanaman bawang merah yang memanfaatkan lahan kosong kemudian pengolahan tanah dan saat ini dilanjutkan dengan perawatan," ucap Kopda Almerio. 

Untuk pengembangan tanaman bawang merah ini sudah memasuki tahap lanjutan kegiatan perawatan dengan melakukan penyiangan," lanjutnya.
Adapun pelaksanaan perawatan dan penyiangan rumput di sekitar tanaman bawang, dengan usia tanam lebih kurang 15 hari. 

Kopda Almerio mengatakan, tanaman bawang merah tidak luput dari serangan hama gulma, untuk mengatasi gulma biasanya dilakukan penyiangan sebanyak dua kali dalam satu musim tanam. Untuk menghemat biaya, lakukan penyiangan bersamaan dengan pemberian pupuk susulan. Namun apabila serangan gulma menghebat, segera lakukan penyiangan tanpa menunggu pemberian pupuk susulan.

Tujuan dari penyiangan ini adalah supaya tanaman bawang merah bisa tumbuh normal tanpa ada gangguan atau sejenis parasit yang merugikan, karena tanaman yqng terserang hama tersebut dapat merebut atau mengurangi asupan makanan yang dibutuhkan pada tanaman bawang merah.

Budidaya bawang merah mempunyai banyak jenis hama dan penyakit, namun yang paling sering menyerang di sentra-sentra produksi adalah hama ulat dan penyakit layu." terangnya.

"Semoga kegiatan pendampingan yang dilakukan dapat bermanfaat untuk masyarakat lain dan khusus nya warga Limau Lunggo dalam budidaya tanaman bawang merah untuk dapat menambah kebutuhan sehari hari dan meningkatkan perekonomian," ungkapnya.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar