Recent Post



Dandim 0309/Solok Ikuti Kegiatan Kick Off Kolaborasi Percepatan Penurunan Stunting Secara Virtual Di Ruang Yudha Makodim.

SOLOK, BN-News-Dandim 0309/Solok Hendrik Setiawan, S.E., Ketua Persit KCK Cabang LXIII DIM 0309/Solok Ny. Ayu Hendrik Setiawan dan Perwira Staf Teritorial (PasiTer) Kapten Inf P. Simanjorang mengikuti secara Daring kegiatan Kick Off Kolaborasi Percepatan Penurunan Stunting di ruang Yudha Makodim 0309/Solok, Jl. A. Yani No. 1, Kelurahan IV Suku, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok. 

Kegiatan Kick Off Kolaborasi Percepatan Penurunan Stunting yang mengambil tema, "Kolaborasi Demi Anak Negeri Untuk Mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju" ini dilaksanakan di Graha Puri Ardhya Garini, Halim Perdana Kusama, Jakarta Timur, Senin(8/8/22). 

Acara yang digelar oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dihadiri Panglima TNI, Mensos Tri Rismaharini, Kepala BPIP Yudian Wahyudi, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Laksana Tri Handoko, Kepala Pusdokkes Polri Irjen Pol Asep Hendradiana mewakili Kapolri dan lainnya. Selain itu juga ditandai dengan peluncuran buku "Resep Makanan Baduta dan Ibu Hamil Untuk Generasi Emas Indonesia" oleh ibu Prof Dr. Hj Megawati Soekarno Putri. 

Dalam kesempatan itu, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo melakukan penandatanganan MOU Konvergensi dalam Percepatan Penurunan Stunting dengan Ketua Umum Dharma Pertiwi, Hetty Andika Perkasa disaksikan Panglima TNI.

Hasto Wardoyo menjelaskan, Stunting disebabkan oleh 3 hal utama, Suboptimal Nutrition, Suboptimal Health dan Suboptimal Parenting. 

Untuk itulah, kata Kepala BKKBN, sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap stunting ini, maka BKKBN berkolaborasi dengan berbagai sektor termasuk kepada jajaran TNI-POLRI juga Sektor swasta. 
"Peran dari pada TNI-POLRI dan tokoh masyarakat sangat sentral ditengah masyarakat sehingga BKKBN berkolaborasi dengan jajaran TNI-POLRI dan juga jajaran Ibu-ibu dari TNI-POLRI. tentunya ini sangat strategis dalam rangka penurunan stunting," ungkap dr. Hasto Wardoyo. 

Panglima TNI Jendral Andika Perkasa mengatakan bahwa pihaknya telah mengalihkan anggaran yang seharusnya untuk bakti sosial menjadi kepentingan penurunan stunting.

"Kemudian kami ada anggaran, di staf teritorial di bawah TNI yang sebetulnya anggarannya untuk bakti sosial itu sebagian besar akan kami alihkan untuk mendukung penurunan stunting ini," kata Panglima TNI Jendral Andika Perkasa. 

Selain itu, Andika mengatakan kalau TNI menyiapkan seluruh fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) TNI di seluruh Indonesia. Menurut Andika, pihaknya akan memberikan pendampingan kepada Posyandu dan Posbindu TNI di setiap Koramil, pos TNI Angkatan Laut serta pos Angkatan Udara.

Dalam kesempatan yang sama, Panglima TNI Jendral Andika Perkasa juga mendukung buku yang disusun oleh Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Buku tersebut berisikan resep makanan anak-anak di bawah 2 tahun dan ibu hamil.

"Generasi Indonesia emas ini kami siap mendukung mendistribusikan. Bahkan kami akan berkoordinasi dan kami mintakan versi e-booknya supaya sharing ke seluruh satuan bawah sampai warga masyarakat kita bisa tinggal share melalui whatsapp atau media sosial lainnya."(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar