Recent Post



Cegah Penularan Penyakit PMK, Babinsa Terus Lakukan Pengecekan Dan Pendataan Hewan Ternak Milik Warga Binaan.

SOLOK, BN-News-Babinsa Koramil 03/Sungai Pagu Kodim 0309/Solok, Sertu Syondesrial melaksanakan pengecekan dan pendataan hewan ternak warga mengenai penyakit PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) di Jorong Muaro Palak Gadang, Nagari Koto Baru, Kec. Sungai Pagu, Kab. Solok Selatan. 

Adapun pengecekan dan pendataan warga pemilik hewan ternak bernama Yunalius (Oyong), berumur 49 Tahun, alamat di Jorong Muaro Palak Gadang, Nagari Koto Baru. Jumat (26/8/2022).

Jenis hewan ternak milik Yunalius yang dipelihara adalah jenis Sapi Semental berjumlah 9 ekor, semuanya sudah dilaksanakan pengecekan oleh Drh. Rama dari Dokter Hewan Solok Selatan, secara keseluruhan hewan ternak dinyatakan 8 ekor sapi dalam keadaan sehat, dan 1 masih dalam tahap pumulihan.

Dari hasil pengecekan, dan pendataan secara langsung dari Babinsa untuk hewan ternak sapi semuanya dalam kondisi sehat, walaupun masih ada 1 ekor  sapi masih dalam tahap pemulihan. 
Penyakit mulut dan kuku disingkat PMK merupakan penyakit hewan menular yang menyerang hewan berkuku belah baik hewan ternak maupun hewan liar seperti sapi, kerbau, domba, kambing, dan jenis hewan berkuku lainnya. Penyakit ini menimbulkan kerugian ekonomi yang sangat tinggi.

Sertu Syondesrial juga menjelaskan, penyakit PMK ini menunjukkan gejala demam tinggi selama beberapa hari, tidak mau makan dan terjadi luka/lepuh pada daerah mulut (termasuk lidah, gusi, pipi bagian dalam dan bibir) dan keempat kakinya (pada tumit, celah kuku dan sepanjang coronary bands kuku atau batas kuku dengan kulit). Luka/lepuh juga bisa terjadi pada liang hidung, moncong, dan puting susu," terang Babinsa. 

“Kami tetap berharap kepada peternak hewan agar tetap menjaga kebersihan hewan ternak serta kebersihan kandang, hal ini sebagai salah satu upaya pencegahan agar terhindar dari PMK,” ungkap Sertu Syondesrial.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar