Recent Post



Babinsa Wakili Danramil 06/Singkarak Hadiri Rapat dalam Rangka Gebyar Penimbangan Masal Dan Evaluasi Capaian Program Loka Karya Triwulan II Lintas Sektoral.

SOLOK, BN-News-Babinsa Koramil/06 Singkarak Kodim 0309/Solok, Serda Parizal Sani mewakili Danramil melaksanakan rapat dalam rangka Pelaksanaan Gebyar Penimbangan Masal dan Evaluasi Capaian Program Loka Karya Triwulan II Lintas Sektoral, di Aula Puskesmas Singkarak, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Senin (1/8/22). 

Kegiatan Loka Karya Triwulan II Lintas Sektoral Wilayah Kec.X Koto Singkarak bertujuan Kegiatan Loka Karya Triwulan II Lintas Sektoral Wilayah Kec.X Koto Singkarak bertujuan untuk menginformasikan, mengindentifikasi capaian hasil kegiatan triwulan sebelumnya, membahas dan memecahkan masalah serta hambatan yang dihadapi oleh lintas sektor pada kegiatan sebelumnya. Program Kesehatan, Pengantaran Percepatan, Program Pemberdayaan Status Stunting yang marak terjadi disetiap wilayah atau Nagari. 

Penimbangan massal merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan penimbangan balita. Melalui penimbangan massal, dapat diketahui status gizi semua balita, sehingga dapat diketahui balita yang mengalami gizi kurang dan gizi buruk lebih awal. 

"Upaya perbaikan gizi masyarakat bertujuan untuk meningkatkan mutu gizi perseorangan dan masyarakat, antara lain melalui perbaikan pola konsumsi makanan, perbaikan perilaku sadar gizi dan peningkatan akses dan mutu pelayanan gizi dan kesehatan sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi upaya Kementrian Kesehatan untuk meningkatkan status gizi balita menunjukan hasil yang menggembirakan," ucap Babinsa. 

Serda Parizal Sani menambahkan kegiatan Penimbangan Massal ini memiliki 2 tujuan yaitu; Tujuan Umum dan Tujuan Khusus, Tujuan umum untuk meningkatkan pro aktif masyarakat untuk penimbangan BB Balita dan pengukuran PB/TB balita dan Tujuan Khusus Tersedianya data prevalensi status gizi balita wilayah kerja Puskesmas Singkarak, dengan indikator BB/U, TB/U dan BB/TB.
Menurutnya, permasalahan kesehatan bukan hanya menjadi tanggung jawab Puskesmas dan Dinas Kesehatan, akan tetapi perlu sinergitas dan dukungan lintas sektor untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Permasalahan kesehatan menjadi tanggung jawab kita bersama melalui lintas sektor yang ada sebab peningkatan derajat kesehatan akan berpengaruh pada sektor pendidikan, ekonomi dan sektor lainnya,” ujar Serda Parizal Sani. 

Babinsa berharap, melalui kegiatan ini para peserta bisa memberikan masukan dan usulan agar pelayanan kesehatan di Kecamatan Sinjai Utara bisa lebih meningkat lagi.

Turut hadir dalam kegiatan rapat Camat X Koto Singkarak, Danramil 06/Singkarak diwakili Babinsa, Wakapolsek X Koto Singkarak, KUA Kec. X Koto Singkarak, Kepala Puskesmas Singkarak, Wali Nagari Se Kec. X Koto Singkarak, Ketua BPM Nagari se Kec. X Koto Singkarak dan Kader-Kader penggerak Posyandu Nagari Se Kec. X Koto Singkarak.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar