Recent Post



Babinsa Koramil 01/Kota Solok Kembangkan Budidaya Ternak Entok.

SOLOK, BN-News-Kopda Novrialdi Syarif Babinsa Koramil 01/Kota Solok Kodim 0309/Solok, melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang peternakan budidaya entok.

Budidaya ternak entok bertempat di Jl. Kopral Darwis, Kelurahan Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok, Minggu (14/8/22). 

Entok merupakan salah satu dari ungas yang biasa di kembang biakan oleh sebagian masyarakat, selain itu entok juga di konsumsi oleh masyaraat. Tidak hanya dagingnya saja, namun telur dari entok ini juga sangat di minati oleh kalangan masyarakat khususnya di Indonesia.

Budidaya entok mungkin tidak lah sepopuler beternak unggas lainnya seperti ayam dan bebek. Dan juga pemasaran untuk entok sendiri juga sedikit sulit dibandingkan pemasaran ayam dan bebek.

Pada kesempatan terbut Kopda Novrialdi Syarif mengatakan, entok merupakan unggas yang sangat kebal, entok tidak mudah terserang penyakit seperti unggas lainnya, kekebalan tubuh entok sangat di akui. 
Lanjutnya, "meskipun terkena suhu dan cuaca yang ekstrim sekalipun entok tidak akan mudah terkena penyakit. Berbeda dengan unggas peliharaan lainnya yang jika terkena suhu cuaca yang berbeda sedikit saja langsung terkena penyakit bahkan mati," ucapnya. 

Untuk saat ini budidaya entok sudah ada yang ngeram lagi dan bulan depan insya allah sudah menetas," ujar Kopda Novrialdi. 

Adapun kendala yang dialami saat ini bagi peternak entok adalah kurangnya minat pasar dan harga yang belum tinggi.

Usaha ini memerlukan kesabaran ekstra dan modal yang cukup besar untuk bisa bangun kandang dan suplai makanannya, memilih bibit, melakukan perawatan seperti pemberian pakan, vitamin, penggemukan dan kebersihan kandang,” pungkas Babinsa.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar