Recent Post



Babinsa Bantu Petani Dalam Pembudidayaan Tanaman Jahe Gajah.

SOLOK, BN-News-Kopda Miko saputra Babinsa Koramil 12/Sangir Kodim 0309/Solok, bersama masyarakat melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian,  yaitu penanaman Jahe Gajah Seluas  20 x 20 Meter.

Pelaksanaan penanaman dilakukan di Nagari Bidar Alam, Kec.Sangir Jujuan, Kab. Solok Selatan, Sabtu (6/8/22).

Kegiatan ini sudah berjalan selama 5 bulan 1 Minggu mulai dari penanaman bibit, pembersihan rumput di gang-gang jahe gajah dan perawatan yang dilaksanakan secara rutin, supaya hasil yang dicapai bisa maksimal.

Jahe gajah merupakan salah satu klon jahe gajah yang dikembang di Indonesia. Jahe gajah banyak diburu oleh eksportit maupun importir, namun ketersediaan jahe gajah hingga saat ini masih terbatas.

Usaha jahe gajah memiliki keuntungan tersendiri seperti produksi per hektar lebih tinggi dibandingkan produksi klon jahe gajah lainnya, harga rimpangnya lebih mahal, peluang pasar terbuka lebar baik dalam dan luar negeri, dan pendapatan yang diterima lebih tinggi. 
Jahe gajah memiliki rasa yang pedas dan sangat cocok sebagai bahan ramuan obat-obatan pada industri farmasi, parfum, kosmetik dan sebagainya. 

Pemupukan jahe gajah dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk organik padat. Pupuk organik padat diperlukan karena banyak mengandung N, P, K, S, dan Mg yang bermanfaaat memperbanyak anakan dan rimpang, penggunaan pupuk organik cair juga dianjurkan untuk memperkuat daun dan batang tanaman jahe sehingga proses fotosintesis berjalan lancar.

Babinsa juga menyarankan, apabila jahe diganggu oleh OPT (Organisme Penganggu Tanaman) maka dapat dilakukan dengan penggunaan pestisida nabati berbahan dasar sirih yang mengandung antibiotik untuk mengendalikan penyakit busuk rimpang," tuturnya. 

Semoga pendampingan yang dilakukan Babinsa dapat membantu kesulitan dan meringankan beban para petani dalam melakukan perawatan tanaman jahe gajah. 

"Babinsa dengan terjun langsung menyambangi petani dapat mendorong dan memberikan motivasi kepada para petani, kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan teritorial guna mewujudkan kemanunggalan TNI bersama rakyat,” pungkasnya.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar