Recent Post



Babinsa Dampingi Petani Cabe Merah Lakukan Penyiangan Dan Penyemprotan Pupuk Tanaman.

SOLOK, BN-News-Pendampingan Babinsa kepada petani terus dilakukan sebagai upaya peran aktif aparat kewilayahan dalam rangka meningkatkan swasembada pangan diwilayah serta memberikan motivasi kepada para petani dalam meningkatkan perekonomian dan ketahanan pangan. 

Peltu Muhammad Ali, Babinsa Koramil 12/Sangir Kodim 0309/Solok, bersama masyarakat melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian yaitu penanaman cabe merah keriting, dengan luas lahan 40x40 di Nagari Pasiapan Lubuk Gadang Tenggara, Kec. Sangir, Kab. Solok Selatan, Kamis (14/07/22). 

Pendampingan yang dilakukan tidak hanya sekedar melakukan pendampingan. tetapi, Babinsa juga turut langsung membantu melakukan perawatan tanaman cabe merah dan juga menganjurkan untuk melakukan penyemprotan hama agar tanaman tetap subur dan jauh dari serangan hama penyakit yang mehambat tumbuh kembang tanaman,” ujar Peltu M. Ali. 

Babinsa bersama salah satu warga masyarakat petani kali ini melaksanakan kegiatan penyiangan dan penyemprotan insektisida,fungisida dan akarsida yg ke 31. Perkembangan pada tanaman cabe merah keriting sudah memasuki umur 92 hari dari awal penanaman. 
Dalam perawatan tanaman cabai dapat dilakukan juga pemberian pupuk daun dan zat pengatur tumbuh (ZPT). Pemberian masing-masing bahan tersebut bertujuan agar tanaman cabai dapat tumbuh dengan baik dan tidak mudah terserang oleh hama penyakit.

Peltu Muhammad Ali mengatakan petani menggunakan ZPT semata-mata tidak untuk memacu pertumbuhan tanaman, melainkan untuk mencegah terjadinya gugur bunga dan buah, memperbaiki mutu buah, dan meningkatkan hasil buah.

"Tanaman cabai memang membutuhkan perawatan yang lebih jika dibandingkan dengan tanaman lainnya. Karena tanaman cabe sangat rentan terhadap serangan hama maupun penyakit, jika tidak dilakukan penyemprotan pestisida secara rutin produksi tanaman cabe bisa menurun bahkan bisa menyebabkan gagal panen," tambahnya. 

"Petani mengucapkan terimakasih kepada Babinsa Koramil 12/Sangir “Dengan adanya pendampingan Pak Babinsa kita menjadi terbantu dan termotivasi dalam perawatan tanaman cabe ini, tidak hanya memberikan pendampingan Pak Babinsa juga tidak segan turun langsung ke kebun ikut membantu membersihkan lahan kebun kami, semoga dengan adanya hubungan baik antara TNI dengan Masyarakat dapat terus terjalin," pungkasnya.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar