Recent Post



Menunjang Kegiatan Tugas Pokok, Babinsa Jalin Kebersamaan Dengan Warga Peternak Kelinci.

SOLOK, BN-News-Melalui kegiatan pendekatan secara langsung hasil akan lebih efektif, karena hasil pengarahan atau informasi dari Babinsa maupun dari warga sebagai sarana saling menukar informasi, sekaligus untuk mendapatkan data dan fakta sebagai penunjang tugas kewilayahan.

Seperti yang dilakukan Serka Denisahgusmarnik Babinsa Koramil 12/Sangir Kodim 0309/Solok, melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif (PPMP) dibidang peternakan yaitu pemeliharaan hewan ternak kelinci, di Nag. Lb malako, Kec. Sangir Jujuan, Kab. Solok Selatan, Rabu (29/06/22). 

Menurut Serka Denisahgusmarnik yang dilakukan Babinsa juga karena sudah menjadi tugas pokok sebagai seorang aparat teritorial sebagai sarana bersilahturahmi kepada warga supaya lebih dekat dan bisa menjalin kebersamaan.

Ternak kelinci adalah salah satu pilihan usaha yang cukup menjanjikan. Mamalia yang sangat familiar ini memiliki beberapa keunggulan tertentu, sehingga prospek untuk dikembangbiakanpun sangat tinggi. Hewan ini memiliki kemampuan beradaptasi yang sangat baik, pemeliharaannya yang sangat mudah, modal relatif kecil, dan bisa berkembang biak serta tingkat permintaannya yang sangat tinggi.
Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa sekarang pembersihan kandang dan pemberian pakan dan minum kepada hewan kelinci peliharaan. 

Untuk perkembangan hewan peliharaan  saat ini sudah berusia 12 bulan kondisinya dalam keadaan sehat. Induk kelinci baru siap melahirkan 7 ekor anak tetapi untuk anaknya sudah mati karena induk belum bisa menyusui. 

Manfaat yang diambil dari kelinci adalah bulu dan daging yang sampai saat ini mulai laku keras di pasaran. Selain itu masih dapat dimanfaatkan untuk pupuk, kerajinan dan pakan ternak. Air seninya bisa dipakai untuk penyubur tanaman anggrek dan pembasmi penyakit di daun.

Dalam beternak kelinci, Babinsa juga mengatakan ada beberapa yang harus diperhatikan beberapanya terdiri dari pemilihan bibit kelinci yang bagus, pakan yang diberikan dan usia siap kelinci kawin," ucap Serka Denisahgusmarnik.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar