Recent Post



Bantu Petani Buah Naga, Babinsa Terus Lakukan Pendampingan.

SOLOK, BN-News-Pratu Dodi Guspriandi Babinsa Nagari Tikalak Koramil 06/Singkarak Kodim 0309/Solok, di lahan milik Bapak Iswandi Nagari Tikalak melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian yaitu penanaman Buah Naga  seluas 1/2 Ha, di Jorong Pasir Nagari Tikalak, Kec. X Koto Singkarak, Kab. Solok, Selasa (21/06/2022). 


Tanaman buah naga itu berasal dari Meksiko, Amerika tengah, yang mengandung multi vitamin dan mineral sehingga baik dikonsumsi oleh tubuh untuk menambah energi serta melancarkan pencernaan.


Tidak hanya dapat bermanfaat bagi kesehatan juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Karna buah naga dalam jual beli di pasar masih terbilang tinggi berkisar 20.000 ribu sampai dengan 30.000 per Kg nya. 


Proses penanaman dan perawatannya sangatlah mudah yakni dengan cara memotong bagian batang kemudian ditancapkan di tanah yang telah diberi pupuk organik hingga umur satu tahun sudah bisa berbuah dan dipanen.


Kegiatan pembenahan serta pembersihan dan kondisi tanaman yang sudah memasuki usia tanaman 152 hari.

Peran babinsa yakni pendampingan petani yang merupakan perwujudan peran serta TNI terhadap usaha masyarakat yang ada di wilayah itu, demi mendukung dan menyukseskan budidaya tanaman buah naga agar memberikan hasil yang maksimal saat panen.


Kami akan terus Membantu dan mendampingi warga untuk mewujudkan hasil panen yang maksimal agar miningkatkan perekonomian warga, sehingga mereka terbebas dari himpitan ekonomi. 


"Dengan adanya pendampingan ini diharapkan bisa meningkatkan hasil produksinya dan membantu mengatasi hasil panen buah naga yang kurang maksimal," ujar Pratu Dodi Guspriandi. 


"Menanam buah naga sangat menguntungkan selain proses tanamnya yang mudah buah naga sangat digemari oleh warga masyarakat dari Jorong Pasir Nagari Tikalak. Hasil yang diperoleh bisa untuk menambah perekonomian keluarga," pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar