Recent Post



Bersama Warga, Babinsa Koramil 09/Gunung Talang, Lakukan Perawatan Tanaman Tomat


BARITONAGARINEWS.COM (BNN), Solok_ Inilah salah satu bentuk ketahanan pangan yang dilakukan Babinsa Koramil 09/Gunung Talang Kodim 0309/Solok adalah Sertu Yoska membantu petani merawat tanaman  tomat. Kebun tersebut milik ibu Evi warga Nagari Sungai Janiah Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Jumat  (29/04/2022).


Sertu Yoska mengatakan, perawatan sangat diperlukan untuk mendapatkan tanaman tomat yang subur dengan membuahkan hasil yang besar dan banyak. Cara melakukan perawatan hampir sama dengan melakukan perawat pada cabe yaitu dengan membersihkan tanaman tomat dari rumput pengganggu, pemberian tali (penopang), pemberian pupuk organik dan penyiraman secara rutin pada pagi dan siang hari.


“Apabila tanaman terserang hama, maka cabutlah tanaman yang telah terserang dan buang jauh dari tanaman tomat yang lain. Pemberian pestisida bisa dilakukan jika serangan hama sudah parah dan pilih pestisida yang Organik”, ujar Yoska.


Ibu Evi mengucapkan terima kasih atas keterlibatan langsung Babinsa dalam membantu merawat tanaman tomat mulai dari pembibitan, penyiapan lahan sampai dengan panen.


“Bahkan bapak Babinsa bukan hanya terjun langsung membantu petani di perkebunan, ia juga membantu di areal persawahan seperti padi, jagung dan kedelai (PAJALE) yang merupakan program swasembada ketahanan pangan Nasional,”ujar Ibu Evi.


Pewarta : Jon Indra

Posting Komentar

0 Komentar