Recent Post



Berikan Contoh Kepada Warga Sekitar Babinsa Ternak Ayam Kampung Untuk Meningkatkan Perekonomian.

Babinsa Koramil 03/Sungai Pagu Kodim 0309/Solok, Serda Ul Awal melaksanakan kegiatan rutinitas pemeliharaan ternak ayam kampung dalam rangka program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif bidang peternakan di Jorong Sawah Siluak, Nagari Sako Selatan Pasia Talang, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan. Jumat (22/04/22). 


Selain kesibukannya sebagai Babinsa, Serda Ul Awal juga mempunyai rutinitas mengembangkan ternak ayam kampung sekaligus memberikan contoh kepada warga sekitar guna menambah penghasilan perekonomian keseharian.


Serda Ul Awal memanfaatkan lahan kosong miliknya untuk dijadikan tempat peternakan ayam kampung yang dikelola di kediamannya. “Di tengah kesibukan sebagai Babinsa saya juga memanfaatkan waktu seperti pulang dinas untuk beternak ayam,” tuturnya.


Proses pemeliharaannya juga tidak seribet dan sesulit ayam negeri karena daya tahan tubuhnya yang lebih kuat dan dapat hidup bebas di alam liar tanpa perhatian khusus selayaknya ayam negeri. 

Adapun ternak sebagai berikut, ayam kampung sebanyak 38-3=35 ekor sekarang, perkembangan ayam kampung sudah tumbuh semakin besar. Umur sampai sekarang sudah 2 bulan 14 hari, 17 ekor sudah dipotong 3 ekor untuk makan jadi sekarang tinggal 14 ekor dan umur sampai sekarang 39 hari 17 ekor masih tetap. Induk ayam betina 3 ekor, sekarang sudah mengeram 2 ekor,  ayam jantan 1 ekor.


Kegiatan yang dilaksanakan adalah rutin setiap pagi dan sore pemberian pakan ayam dan melaksanakan pembersihan kandang ayam agar tetap bersih.


Babinsa berharap agar menjadi contoh kepada masyarakat lain untuk berkreatifitas membantu perekonomian keluarga, menuju masyarakat yang madani dan memajukan taraf kehidupan masyarakat." ungkapnya.

Posting Komentar

0 Komentar