Recent Post



Pondok Pesantren Tahfizul Qur'an Mualimin Muhammadiyah Sawah Dangka cetak Hafizh Qur'an 30 Juz.


Pimpinan Muhammadiyah Wilayah Sumbar, Pimpinan Pondok, Anggota DPRD Agam, Kemanag, Foto Bersama dengan Santri Hafizh 30 Juz beserta Orang Tua.

BaritonagariNews(BNN).Com Agam_Pondok Pesantren Mualimin Sawah Dangka tepatnya di jalan Bukittinggi pekan Kamis Kabupaten Agam merupakan sebuah pondok pesantren  di bawah naungan Muhammadiyah, pada hari Minggu (27/3) cetus satu lagi  Hafish Quran 30 Juz.

Hal tersebut diketahui ketika acara Haflah Takhruj angkatan ke IX pondok Pesantren  Tahfizul Qur'an Mualimin Muhammadiyah Sawah Dangka sekaligus acara perpisahan sekolah Tingkat MTS dan MA.

Kegiatan di hadiri oleh pimpinan wilayah Muhamadiyah Sumatera Barat Solsofat, Anggota DPRD Kabupaten Agam Syaflin, Pimpinan Pondok Pesantren Mu'alimin Ustad Utama Wardi, Kepala Kemenag Kabupaten Agam yang di wakili oleh kasi Pondok Pesantren, orang tua Santri, para majelis guru serta para undangan orang tua Santri dan santriwati.
Wisuda sekaligus  perpisahan  ini dibagi pada dua tingkat diantaranya Tingkat MTS dan tingkat MA Pesantren Mualimin, dengan jumlah santri yang melaksanakan  Wisuda ke IX hari ini berjumlah 258, diantaranya tingkat  MTs sebanyak 208 orang dan MA sebanyak 50 orang, dan satu orang santri hafal Qur'an 30 Juz ungkap Pimpinan Pondok Pesantren Mu'alimin Ustad Utama Wardi, S.Ag, MH ketika di konfirmasi di lokasi acara.

Lanjut  Ustad Utama Wardi, Pesantren Mu'alimin selalu berbenah kearah yang terbaik guna mencetak Generasi Penerus yang Hafal Quran dan berakhlaqul karimah.

Pesantren Mu'alimin ini adalah merupakan salah satu Unit Pendidikan yang dimiliki Muhammadiyah yang ada di Kabupaten Agam, Pesantren Mu'alimin ini sendiri sudah berdiri semenjak tahun 1983 yang lalu sudah ratusan Alumni yang tersebar baik di Sumatera baarat maupun di luar Sumatera barat bahkan ke luar negeri ujarnya.

Sementara itu pimpinan Wialayah Muhammadiyah Sumatera Barat Solsofat pada kesempatan itu menyampaikan kepada para tamatan baik itu dari tingkat MTS maupun MA supaya kebangkan diri dalam menuntut ilmu ke arah yang lebih tinggi lagi, asah diri dalam menuntut ilmu agama kedepannya lagi.

" Hari ini kita berikan  reward kepada salah seorang Hafizh Qur'an 30 juz , senilai 2 juta rupiah dan juga sekaligus  memberikan sedikit oleh - oleh kepada peserta yang terlibat mengisi acara diantaranya pembacaan ayat suci Alquran, pembawa acara, serta peserta yang menampilkan bela diri, dengan jumlah reward di berikan oleh ketua wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat totalnya pada saat itu senilai 4,5 juta rupiah" kata Solsofat.
Sedangkan Kepala Sekolah MTS Ustad Indra Efendi mengatakan  bahwasanya Pesantren Mualimin saat ini sudah memiliki 4 kampus yaitu  Kampus I di Sawah dangka, Kampus II terletak ranah parit putus, kampus III di Ngalau  Sawah Dangka, sedangkan kampus IV di Simpang Parit Putus Kabupaten Agam

Sistim pelajaran "Kami memakai 2 kurikulum diantaranya kurikulum Kemenag dan Kurikulum Umum tapi kami juga menambahkan kurikulum hafalan Juz dengan strategi hafalan minimal 1 juz satu Bulan, nun sebaliknya ada juga santri yang hafal 4 Juz dalam 1 bulan" ujar Indra.

" Harapan kami anak - anak didik kami para santri agar menggunakan ilmu yang mereka miliki di kampung halamannya dalam kehidupan sehari hari, bisa berguna bagi masyarakat dan ilmu  agama yang telah di dapat selama ini bisa di implementasikan ditengah - tengah masyarakat" pungkas Indra Efendi.

Orang Tua wisuda Indra yang anaknya  terbaik tingkat MA Muhammad Arifin Ramadhan dengan hafalan sebanyak 30 Juz yang berasal dari Kota Bukittinggi meyampaiakn rasa bangga dan haru atas prestasi yang di raih oleh anaknya hingga bisa hafal Alquran 30 Juz di pondok pesantren ini.

Hafalan ini kalau bisa harus dipertahankan dan berkesinambungan, bagi anak anak setelah ini, dan juga yang hafalan yang lain jangan sampai hilang, minimal untuk diri kita sendiri.
"saya berharap kepada Pimpinan Pondok agar anak anak kami ini bisa mendaftarkan diri untuk Kuliah ke Universitas Madinah Arab Saudi karena sesuai dengan cita - cita anak saya tersebut" ujar  Indra

Kemudian "Saya sekeluarga mengucapkan banyak - banyak terima kasih kepada pengurus dan ustad serta ustazah yang telah mendidik dan membimbing anak kami selama menjadi santri disini" pungkasnya ***

Pewarta :BN2 

Posting Komentar

0 Komentar