Recent Post



Kemendagri RI Adakan Rakor Di Kota Bukittinggi


Baritonagarinews(BNN).Com Bukittinggi_ Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri.) Republik indonesia pada hari Kamis (17/3) mengadakan Rakor Penguatan dan Pembentukan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) yang beroperasi efektif di provinsi sumatera barat dengan tema "Melalui Penguatan Pembauran Kebangsaan Persatuan dan Kesatuan Bangsa" 

Pelaksanaan kegiatan yang di laksanakan di salah satu hotel berbintang di kota Bukittinggi dibuka oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri RI Dr. Drs. Imran.,M.Si., M.A

Rakor tersebut diberikan oleh  4 Orang Narasumber diantaranya Kepala Bakesbangpol Provinsi Sumbar Dr. H. Jefrinal Arifin, S.H., M.Hum, Ketua FPK Provinsi Sumbar Dr. Otong Rosadu, S.H., M.Hun,  Ketua FPK Kota Balikpapan Abdul Rachim, dan Sekretaris FPK Jawa Timur Yafeti Waruwu, S.H., M.H.

Sekretaris Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri RI Dr. Drs. Imran.,M.Si., M.A mengatakan Forum dilaksanakan menekankan Peran Pemerintah Daerah dan Optimalisasi peran FPK dalam penyelenggaraan pembauran kebangsaan di Propinsi Sumatera Barat, demi Menjaga keharmonisan FPK serta Dukungan anggaran mendukung kegiatan FPK.
"Sebagai bangsa yang besar seperti di indonesia seharusnya menjaga toleransi dan saling menghargai antar elemen anak bangsa bahkan sikap menghargai terangkum dalam Bhineka Tunggal Ika,"ungkap imran.

Juga pemerintah menyadari bangsa indonesia yang multikultural sangat berpengaruh dalam persatuan dan kesatuan bahkan keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kerukunan hidup antar warga masyarakat yang memungkinkan adanya sikap agar menerima kemajemukan masyarakat dalam wadah NKRI.

Lanjut Imran, integrasi nasional dan terlaksananya pembangunan nasional dan terlaksananya menciptakan suasana yang aman, tentram, tertib, adil, makmur dan sejahtera.

Sehingga diperlukan upaya pengelolaan kemajemukan secara komprehenship dan holistik serta multidimensi dalam melibatkan partisipasi komponen bangsa tampa melihat asal usul dan perbedaan maka pentingnya pembaharuan kebangsaan.

Bahkan pembaharuan kebangsaan itu sendiri sebagai refleksi tanggung jawab negara yang tercermin dalam asas to respect, to protect and to fullfill yang berperan meningkat kualitas kehidupan rakyat.

"Kita dari kementerian dalam negeri berupa berupaya menjaga yang pertama menjaga iklim, kerukunan persatuan dan kesatuan yang ada di Indonesia"

Kemudian dengan adanya rakor ini akan meningkatkan kewaspadaan terkait tantangan-tantangan kehidupan yang lain yang akan dihadapi oleh bangsa ini tidak semata perkembangan global namun perkembangan regional perkembangan nasional dari sekarang ini sangat luar biasa isu-isu internasional isu-isu regional dan nasional.

"Minimal bisa memberi pencerahan pemikiran kepada masyarakat untuk lebih positif lebih selektif ketika melihat berbagai macam itu mendengar berbagai macam sehingga tidak terprovokasi oleh hal-hal yang tentunya yang tidak yang kita harapkan" tuturnya 
Sebentar lagi kita akan menghadapi yang namanya pesta demokrasi yang sangat-sangat besar dengan adanya seperti yang kita lakukan iklim yang kondusif itu akan tetap terpelihara sampai dengan pelaksanaan dengan penyelenggaraan pemerintah dan legislatif

Kegiatan perdana setelah pandemi covid, acara ini semangkin membuka silraturahi komunikasi Kedepannya, kemudian diharapkan dengan kegiatan ini akan muncul ide ide kreatif Bagi menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di tingkat lokal sampai di tingkat nasional 

Sementara itu Kepala Bakesbangpol Provinsi Sumbar Dr. H. Jefrinal Arifin mengangkat tema peran pemerintah daerah dan optimalisasi peran FPK dalam penyelenggaraan pembauran kebangsaan di provinsi Sumatera Barat.

Ketua FPK Provinsi Sumbar Dr. Otong Rosadu, S.H., M.Hun peran FPK dalam menjaga keharmonisan dan kendala pembentukan FPK kabupaten/kota di provinsi Sumatera barat.

Kemudian Ketua FPK Kota Balikpapan Abdul Rachim menyampaikan pembentukan FPK, peran dan program kerja serta dukungan APBD kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur dan Sekretaris FPK Jawa Timur Yafeti Waruwu memberikan arahan pembetukan FPK, Peran dan program kerja serta Dukungan APBD Provinsi Jawa timur ***

Pewarta : BN2

Posting Komentar

0 Komentar