Recent Post



Kembangkan Usaha Anggota, UMKM Banuhampu Lakukan Raker

BaritonagariNews(BNN).Com Agam_Usaha Mikro Kecil dan Menengah  (UMKM) Kecamatan Banu hampu Kabupaten Agam Propinsi Sumbar pada hari Senin (7/3) lakukan  kegiatan Rapat Koordinasi Antara Ketua dan anggota.

Kegiatan Rapat dilakukan disamping,  membentuk beberapa UMKM yang terdapat 7 Nagari yang ada di Kecamatan Banuhampu.

Dari 7 nagari tersebut baru terbentuk dan berjalan 4 kelompok, dan diharapkan nantinya setiap nagarau mempunyai kelompok, hal tersebut dikatakan oleh ketua UMKM Kecamatan Banuhampu Pramulia Dalman ketika di konfirmasi.

Lanjut Pramulia Dalman yang sapaan sehari hari pak Mul menambahkan, dalam perkembangan UMKM saat ini terkendala  masalah permodalan bagi pelaku UMKM, namun beberapa waktu yang lalu kami sudah mengajukan Proposal dengan salah satu BUMN yang ada di Indonesia, akan tetapi proposal kita tadi tentu harus dilengkapi dengan Izin – izin.

Kemudian dalam  pembuatan izin juga mempunyai kendala seperti ,NIB ,PIRT dan lain lain dikarenakan anggota belum memahami cara dan peosedure dalam pengurusan izin ini, itulah sebabnya kami mengadakan Rakor pada hari guna membahas permasalahan ini yang terjadi pungkasnya.

Sementara itu  Camat Banuhampu Susi Karmila ketika di konfirmasi mengatakan tujuan pelaksanaan diadakan Rakor ini merupakan tindak lanjut atas pelantikan Forum UMKM Kecamatan Banuhampu yang diadakan pada tanggal 18 November 2021 yang lalu, dan baru hari ini ditindak lanjuti berbentuk Rakor.

Rakor dilakukan bertujuan untuk membentuk Program kerja dari Forum UMKM Kecamatan Banuhampu yang sudah dilantik periode 2021 – 2024.

Kemudian dengan adanya UMKM  ini tujuan apa yang hendak dicapai yang mana nanti para pelaku UMKM ini bisa memiliki perizinan seperti NIB,PIRT, SKTU dan lain lain sebagainya kata Susi.

Disamping itu dalam rakor ini dibahas juga tentang proses pengurusan izin, dan dalam kegiatan ini hadir juga dari  dinas – dinas terkait, anggota bisa konfirmasi tentang Bahan dalam pengurusan izin serta mengadakan Pelatihan – Pelatihan bagi pelaku UMKM ini.

Kemudian diharapkan setelah Rakor ini para pelaku  nanti sudah memahami tentang pangsa pasar untuk menjual produk UMKM, Karena selama ini pelaku UMKM sudah melakukan kerja sama dengan Pihak “IKOMART” yang mana Ownernya adalah seorang pengusaha muda dan Pakar Ahli Ekonomi pungkasnya ***

Pewarta :BN2

Posting Komentar

0 Komentar