Recent Post



Dandim 0309/Solok, Launching Kampung Pancasila Di Kelurahan VI Suku Kota Solok.

Kodim 0309/Solok menginisiasi Kampung Pancasila, yang merupakan Miniatur Indonesia yang diresmikan di Gurun Bagan RT 02 RW 04 Kelurahan VI Suku Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok, Selasa (15/3/2022). 


Dipilihnya Kelurahan VI Suku Kota Solok menjadi icon Kampung Pancasila ada beberapa syarat adalah keragaman suku di antaranya Melayu, Jawa, Minang, Batak, dan lainnya. Juga adat dan budaya suku bangsa, agama dan juga rumah ibadah semua agama saling berdampingan.


Letkol Arm Hendrik Setiawan S.E., Komandan Kodim 0309/Solok memaparkan, latar belakang berawal untuk melestarikan dan nilai nilai Pancasila ideologi NKRI dan penerapan kehidupan sehari-hari di masyarakat.


" Toleransi di masyarakat saat ini mulai luntur. Negara ini akan hancur karena dua, pertama dihilangkan budaya dan kedua sejarahnya. Indonesia dibangun dengan pondasi keragaman budaya, ras dan agama. Ini harus tetap dirawat agar NKRI tetap ada," kata Dandim .


Dikatakan Letkol Hendrik, untuk menumbuhkan nilai-nilai Pancasila di tengah-tengah masyarakat, pihaknya tengah menggalakkan program Kampung Pancasila di kelurahan VI Suku Kota Solok yang menjadi wilayah teritorial Kodim 0309/Solok. Nantinya melalui perangkat yang ada di Koramil.

“Kampung Pancasila akan isi dengan berbagai kegiatan. Dalam kegiatan itu, masyarakat akan kita edukasi tentang pentingnya Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara. Tidak ada yang bisa menggantikan Pancasila, paham radikal tidak akan bisa menggoyahkan Pancasila, ” ucap Letkol Hendrik.


Dikesempatan itu, Wakil Walikota Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra S.E., M.M., mengapresiasi Dandim 0309/Solok atas inisiasi diresmikan Kampung Pancasila yang merupakan Miniatur Indonesia yang dibingkai Bhineka Tunggal Ika.


"Keberadaan Kampung Pancasila yang strategis di tengah masyarakat multikultur, agama dan perbedaan harus dijaga dengan bingkai Bhineka Tunggal Ika. Sebelumnya Kelurahan VI Suku menjadi kampung kerukunan dengan itu kelurahan VI Suku menjadi model keragaman," kata Wakil Walikota


Layaknya Kelurahan VI Suku Kota Solok menjadi kelurahan lambang negara, pandangan hidup Indonesia."Kelurahan VI Suku menjadi miniatur Indonesia dan merupakan contoh atau model bagi kelurahan lainnya, " ujar Ramadhani.


Kampung Pancasila diresmikan dengan  oleh Komandan Kodim 0309/Solok Letkol Arm Hendrik Setiawan, didampingi Kasdim Mayor Inf Hendra Bagus Arioko dan dihadiri Wakil Walikota Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra S.E., M.M., Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi S.I.K serta Forkopimda Kota Solok. Kemudian Forkopimcam Lubuk Sikarah tokoh masyarakat, pemuda, instansi pemerintah, selanjutnya ditandatangani batu prasasti Pancasila dan juga penandatanganan deklarasi.

Posting Komentar

0 Komentar