Recent Post



Kegiatan Inovatif, Babinsa Koramil 04/Payung Sekaki Motivasi Warga Binaan Pembuat Kerupuk Kerak.

Babinsa Koramil 04/Payung Sekaki Kodim 0309/Solok, Serka Ilindrayadi dan Praka Feru Yantama, memberikan motivasi kepada masyarakat untuk mengembangkan pembuatan kerupuk kerak, di Jorong Gantiang Nagari Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, Rabu (09/02/2022). 


Tujuan dari kegiatan inovatif ini adalah untuk memberikan motivasi dan semangat, serta dapat mengurangi pengangguran bagi masyarakat yang belum ada pekerjaan dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sehari hari. 


Adapun proses pembuatan kerupuk kerak dengan cara, pertama-tama kita siapkan Bahan seperti, tepung tapioka 500 gram,tepung terigu 50 gram, bawang putih 10 gram, Gula pasir 10 gram, garam 20 gram, air 125 ml. tumbuk bahan yang disiapkan tadi, kemudian goreng bawang putih yang dinginkan, jika sudah campurkan dengan bahan bumbu lainnya seperti penyedap rasa garam dan gula pasir, tuangkan kedua jenis tepung tersebut diatas, kemudian beri air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis, jika sudah masukan adonan kedalam ampia untuk dicetak.jemur semua adonan yang sudah dicetak dibawah sinar matahari selama 2 hari hingga kering, gorenglah hingga matang dan mengembang selama lebih kurang setengah menit dan didinginkan lalu dibungkus dalam plastik dan siap untuk dipasarkan.

"Serka Ilindrayadi mengajak dan menghimbau masyarakat dapat memanfaatkan cara pembuatan kerupuk kerak ini kedepannya dan bisa membuka usaha sendiri,"ungkap Babinsa. 


Hal ini merupakan bagian dari tugas para Babinsa untuk membantu masyarakat yang inovatif dan mewujudkan masyarakat yang berekonomi baik dari usaha sendiri. 


"Dengan adanya kegiatan ini semoga terjalin hubungan baik antara TNI dan warga yang berada di wilayah binaan,"pungkas Babinsa.

Posting Komentar

0 Komentar