Recent Post



Babinsa Koramil 12/Sangir Berikan Motivasi Kepada Peternak Kambing

 

Tingkatkan Potensi Wilayah, Babinsa Koramil 12/Sangir Kodim 0309/Solok Serda Iksan Tiago melakukan Komsos pendampingan kepada peternak kambing milik Bapak Azis di Jorong Gunung Pasir Nagari Lubuk Gadang Kec. Sangir Kab. Solok Selatan, Jumat, (07/01/2022)



Sebagaimana diketahui, kambing merupakan hewan ternak yang memiliki keuntungan yang banyak. Dagingnya memiliki nilai jual yang lumayan tinggi dan bernilai baik.



Serda Iksan Tiago Babinsa Koramil 12/Sangir mengatakan, perawatan dan pemeliharaan kambing memang gampang-gampang susah. Namun untuk lokasi Jorong atau Nagari, memelihara kambing memiliki banyak kemudahan karena di Jorong maupun Nagari masih banyak lahan kosong yang ditumbuhi rumput sebagai makanannya.



“Manfaat limbah kotoran kambing pun dapat digunakan untuk pupuk pertanian yang sangat baik bagi kesuburan tanah sehingga dapat membantu meningkatkan usaha pertanian,” Kata Serda Iksan.


Lebih lanjut Serda Iksan mengatakan, “kegiatan komsos ini untuk memberi masukan bagaimana cara memberikan pakan untuk meningkatkan ternak yang baik dan berkualitas serta cara mengatasi apabila ada ternak yang sakit, baik sakit mata, gembung dan demam,” lanjutnya.

Sementara itu, Saudara Azis sebagai peternak Kambing menambahkan, Hewan Kambing sangat mudah diperjual belikan kepada agen maupun pasar. “Terlebih apabila kita memiliki ternak kambing yang kualitasnya sehat dan gemuk-gemuk, pembeli akan datang dengan sendirinya,” Ujarnya Azis.



“Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Babinsa Serda Iksan yang telah memberikan motivasinya kepada kami, mudah-mudahan dengan kehadirannya Bapak Babinsa dapat memberikan semangat bagi kami peternak dan yang lainnya,” Pungkas Azis.



Mengakhiri Komsosnya Babinsa Serda Iksan, menghimbau kepada Saudara Azis agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengn selalu menerapkan 3M (Memakai Masker, Menghindari kerumunan, dan Mencuci tangan dengan sabun dan bilas dengan air yang mengalir ) untuk memutus penyebaran covid-19,” Tutupnya.

Posting Komentar

0 Komentar