Recent Post



Tim Asesor BAN-S/M Sumbar Lakukan Penilaian SD Negeri 05 Birugo Bukittinggi, Pertahankan Akreditasi A.

Foto bersama usai pembukaan 

Baritonagarinews(BNN).Com Bukittinggi
_ Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional - Sekolah/Madrasah  (BAN-S/M)   Tahun 2021 Provinsi Sumatera Barat melakukan penilaian dalam rangka Visitasi  Akreditasi terhadap SD Negeri 05 Birugo Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat Bukittinggi pada hari Jumat (5/10) 

Tim asesor BAN-S/M tahun 2021 Provinsi Sumatera Barat yang terjun lansung ke sekolah terdiri dari dua orang diantaranya Rida Hayani dan Netti Elfia yang didampingi dinas pendidikan kota Bukittinggi yang diwakili oleh Pengawas dinas Pendidikan tingkat TK/SD wilayah Aur Birugo Tigo Baleh  Firdaus SN dengan disambut tari Pasambahan oleh Siswi SD Negeri 05 Birugo.

Kedatangan Tim Asesor disebut dengan Tari Pasambahan 

Tim Asesor dalam rangka visitasi akreditasi di SD 05 Birugo tersebut   akan  berlangsung selama dua hari dari 05 s.d 06 November 2021 

Kedatangan Asesor BAN S/M disambut oleh kepala Sekolah, Ketua Komite beserta  majelis guru serta dihadiri oleh Lurah Birugo, Babinkamtibmas, dan ketua RT/RW.

Salah satu tim Asesor Rida Hayani mengatakan kegiatan visitasi sekolah dalam rangka pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu sekolah, Proses visitasi merupakan rangkaian pelaksanaan akreditasi yang melekat dengan fungsi evaluasi diri pungkasnya.

"Kami melakukan pengamatan, observasi kelas, wawancara, dan pencermatan ulang data pendukung serta pendalaman hal-hal khusus yang berkaitan dengan komponen dan aspek akreditasi,” katanya 
Tim Asesor ketika wawancara dengan Kepala Sekolah dan Komite 

Di tahun 2019 yang lalu ada terdapat 8 komponen akreditasi yang dievaluasi, Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Kelulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian.

Namun, dari  tahun 2020 ada dua cara yang dinilai dalam penilaian untuk akreditasi, diantaranya pertama terdapat  ada 4 kategori diantaranya satndar lulusan, standar proses, standar guru, dan standar manajemen sekolah.

Kemudian yang kedua yaitu diambil dari data dipodik siswa, disana terdapat  empat standar juga, kita tidak menilai administratif saja tapi ada 4 hal juga yang harus dinilai diantaranya  melalui wawancara, telaah dokumen, dan juga melaui observasi dan angket pungkasnya.

Kemudian akreditasi juga saat ini berbeda dari tahun 2019, tahun sebelumnya dengan jumlah nilai 86 sudah bisa akreditasi A, akan tetapi semenjak tahun 2020 ini untuk akreditasi A dari nilai 90 hingga 100, dan Akreditasi B itu mendapatkan nilai dari 80 hingga 90 pungkasnya.

Ditahun 2021 ini ada dua sekolah di  Bukittinggi saat yang dikunjungi untuk akreditasi diantarnya  SD 05 Birugo dan satu lagi SD Negeri 12 Bukit Cangang Bukittinggi  pungkasnya.

Dinas Pendidikan kota Bukittinggi melalui pengawas Pendidikan TK/SD di kelurahan  ABTB kota Bukittinggi Firdaus mengatakan melalui visitasi akreditasi ini mewujudkan pendidikan di SD 05 Birugo yang bermutu. 

Bukan hanya status akreditasi/nilai akreditasi yang keluar pasca visitasi yang diharapkan, akan tetapi bagaimana persiapan-persiapan yang dilakukan itu menjadi budaya mutu yang dilakukan setiap stkeholder pendidikan.

Sementara Kepala Sekolah Jumadiar mengucapkan terima kasih kepada tim asesor BAN-S/M Provinsi Sumatera Barat, Dinas Pendidikan kota Bukittinggi komite sekolah serta tenaga kependidikan di SD 05 Birugo yang telah berpartisifasi kegiatan akreditasi ditahun 2021 ini.

“Semoga dengan kegiatan visitasi akreditasi dari BAN-SM dapat mencapai nilai yang maksimal, paling tidak dapat mempertahankan nilai A pada akreditasi sebelumnya,” harapannya.
Tim Asesor ketika pengambilan Data informasi dari Siswa dengan cara  wawancara.

Senada juga disampaikan oleh lurah Birugo  Hazrie quzwain dan juga ketua  Komite zulhesmeri  bahwa penilaian atau akreditasi sangat penting dilakukan karena itu merupakan identitas yang diakui pemerintah. 

“Akreditasi sebagai sarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD 05 Birugo serta menjaga rasa kepercayaan masyarakat yang ada di sekitar Sekolah" pungkasnya ***

Pewarta :BN2

Posting Komentar

0 Komentar