Recent Post



Babinsa Koramil 05/Tanjung Balik Hadiri Undangan Buru Alek Wisata


 

BARITONAGARINEWS.COM (BNN), Sulit Air_ Berburu babi dalam bahasa minangya (Baburu Ciliang) di kenagarian Sulit Air adalah bagian tidak terpisahkan bagi kaum laki-laki, bukan saja sekedar hoby namun sudah menjurus sebagai rutinitas. Lihatlah waktu di hari minggu, jalan raya dipagi hari hiruk pikuk dengan kumpulan para anjing yang siap menghibur tuannya di pedalaman rimba nagari. 


Kebiasaan berburu babi di Minangkabau itu merupakan wujud gotong royong anak nagari untuk mengusir hama sekaligus ajang silaturahim. Babi hutan adalah salah satu hama yang sering mengganggu tanaman padi dan kebun masyarakat Sumatera Barat. Karena itu, kebiasaan berburu babi beramai-ramai merupakan cara yang tepat mengurangi hama. 


Seperti pagi ini, Minggu (28/11/2021) Babinsa Koramil 05/Tanjung Balik Kodim 0309/Solok Kopda Tedi dan Praka Wahyudi menghadiri undangan pembukaan Buru Alek Wisata bertempat di Jorong Linawan, Nagari Sulit Air Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok. 


Kegiatan pembukaan Buru Alek Wisata dibuka oleh Camat X Koto Diatas Riswandi Bahauddin AP, S.Sos., dihadiri Wali Nagari Sulit Air, Babinsa Koramil 05/Tanjung Balik Kopda Tedi, Bhabinkamtibmas Polsek X Koto Diatas dan undangan lainnya.


Dalam sambutanya Camat X Koto Diatas Riswandi Bahauddin AP, S.Sos., menyampaikan kegiatan Buru Alek Wisata ini sudah menjadi angenda tahunan oleh anak Nagari Sulit Air Kecamatan X Koto Diatas dan kegiatan ini adalah ajang silturahmi sesama Persatuan Olah Raga Buru Babi (PORBI).


Kegiatan ini  selain sebagai hobi namun kegiatan ini juga sebagai upaya untuk mengurangi hama babi yang merusak perkebunan dan padi masyarakat. katanya.


Senada dengan Camat X Koto Diatas, Babinsa Koramil 05/Tanjung Balik Kodim 0309/Solok Kopda Tedi mengatakan, “Saya sebagai Babinsa harus hadir disetiap kegiatan yang dilaksanakan di Nagari binaan saya, baik di undang maupun tidak di undang,” kata Babinsa


Kegiatan Buru Alek Wisata ini adalah kegiatan positif di samping menyalurkan hobi berburu, namun yang tidak kala pentingnya kegiatan ini mampu sebagai ajang silturahmi anak Nagari dan masyarakat di luar Nagari Sulit Air ini.


Babinsa juga tidak lupa menghimbau kepada para peserta Buru Alek Wisata Nagari Sulit Air untuk tetap mematuhi himbaun Pemerintah dengan selalu mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker. Himbau Babinsa.


Pewarta : Jon Indra

Posting Komentar

0 Komentar