Recent Post



Rehab RTLH Jelang Pembukaan TMMD Semakin Intens

BARITONAGARINEWS.COM (BNN),  SOLOK - Pembangunan 5 unit RTLH bagi warga kurang mampu merupakan salahJelang Pembukaan TMMD, Kasdim 0309/Solok Hadiri Rapat Kordinasi Bersama Pemkab Solok

Jelang dibukanya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 112 Kodim 0309/Solok di Nagari Koto Sani dan Nagari Tanjung Alai, Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok, Kodim 0309/Solok bersama Pemda Kab. Solok menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan pembukaan TMMD yang di gelar pada tanggal 15 September 2021. Kegiatan rapat Koordinasi dilaksanakan di ruang rapat DPMN Kabupaten Solok, Jumat (10/9/21)

Rakor dipimpin Kasdim 0309/Solok Mayor Inf Hendra Bagus Arioko dan Plh. Sekda Kabupaten Solok Edisar S.H., M.Hum., serta diikuti oleh Pasiter Kodim 0309/Solok Kapten Inf Kristian Napitupulu, dan staf DPMN Kabupaten Solok

Tujuan digelarnya rapat ini yaitu untuk menginformasikan secara umum kegiatan TMMD ke 112 Kodim 0309/Solok sekaligus mempersiapkan pelaksanaan upacara pembukaan TMMD yang akan dilaksanakan secara virtual di gedung aula SNI Kabupaten Solok  yang direncanakan akan dibuka pada tanggal 15 September 2021 mendatang. Dalam Rakor tersebut juga meminta informasi Program/Kegiatan SKPD, BUMN/BUMD, SWASTA yang dapat disinkronkan dalam mendukung pelaksanaan TMMD serta menginformasikan rencana kegiatan baik sasaran fisik maupun non fisik.

Dalam sambutannya, Dandim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo S.Sos., M.I.Pol., melalui Kasdim Mayor Inf Hendra Bagus Arioko mengemukakan bahwa kegiatan TMMD ini merupakan suatu kegiatan yang mengikutsertakan semua instansi baik BUMN/BUMD maupun Stakeholder yang ada di wilayah Kabupaten Solok. .

Selain itu, program ini telah menjadi agenda tahunan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sehingga diharapkan kepada semua pihak bisa mengalokasikan anggaran khusus dalam rangka membantu meningkatkan kegiatan pembangunan di wilayah Kabupaten Solok yang dirangkum dalam kegiatan TMMD sehingga dampak dari kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

”Kita membuka adanya masukan ataupun program dan juga bantuan-bantuan dari seluruh instansi maupun stake holder yang ada di Kabupaten Solok untuk nantinya bisa disinergikan dengan kegiatan TMMD Reguler ke 112 Kodim 0309/Solok yang rencananya akan dibuka pada tanggal 15 September 2021 mendatang,” kata Kasdim.

Sasaran yang akan dicapai dalam kegiatan TMMD di Nagari Koto Sani dan Nagari Tanjung Alai ini meliputi kegiatan fisik dan non fisik meliputi peningkatan jalan Aia Angek menuju Ikua Danau sepanjang 230 meter, Irigasi Bandar Karang Sepanjang 200 meter Pembuatan jalan usaha tani sepanjang 1127 meter, Pembuatan Drainase , Perbaikan lapangan sepak bola dan renovasi rumah tidak layak huni ( RTLH ) serta sasaran non fisik Penyuluhan tentang Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Kesehatan, Pertanian, Pendidikan, Kamtibmas, Narkoba, Stunting Posyandu/KB, Perikanan/Perternakan, LH/Kehutanan, Kegiatan PKK, Pelayanan Publik/Kependudukan, Bahaya Teroris/Paham radikal ( KI,KA&Rala ) dan Pencegahan Covid 19 satu kegiatan fisik program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Reguler Ke-112 Kodim 0309/Solok di Nagari Koto Sani dan Nagari Tanjung Alai, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok. Pekerjaan pembangunan RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) telah dimulai sejak Pra TMMD, dengan pemasangan dinding rumah.

Menjelang pembukaan TMMD 112 Kodim 0309/Solok yang rencananya tanggal 15 September mendatang, rumah warga penerima RTLH tetap dimaksimalkan pekerjaanya, sebelum bapak Bupati dan Dandim selaku Dansatgas akan mengunjungi lokasi rehap RTLH. Jumat (10/09/2021).

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Inf Kristian Napitupulu menjelaskan jika Ini semua berkat dukungan dan kerja sama antara TNI dengan masyarakat setempat maupun unsur pendukung lainnya. Semangat masyarakat setempat tampak jelas pada kegiatan ini.

“Keterlibatan dan antusias masyarakat tinggi, kesadaran masyarakat dalam pengerjaan rehab RTLH ini akan tepat waktu sehingga tenaga dapat dialihkan memperkuat sasaran lain untuk meraih over prestasi fisik lainnya,"ujar Pasiter.

Lismawarni salah satu pemilik rumah yang direhab di Jorong Padang Belimbing Nagari Koto Sani saat ini tinggal sementara di rumah keponakan, yang jaraknya hanya beberapa puluh meter dari rumahnya saat rumahnya sedang dibangun TNI dan warga.

“Saya berharap pembangunan berjalan lancar, tidak ada hambatan, sehingga dapat cepat selesai dan pemilik rumah segera bisa menempati rumah hasil karya Satgas TMMD Ke-112 Kodim 0309/Solok bersama masyarakat.” kata kapten Kristian Napitupulu.***

Pewarta : Jon Indra

Posting Komentar

0 Komentar