Recent Post



Puskesmas Alahan Panjang Adakan Kegiatan Quick Wins Pelayanan Darah Untuk Ibu Hamil

Baritonagarinews(BNN).com Alahan Panjang_ Puskesmas Alahan Panjang, Rabu (22/09/21) mengadakan  kegiatan quick wins pelayanan darah untuk ibu hamil, yang dilaksanakan di POSKESRI Jorong Galagah Nagari Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

Kegiatan tersebut diadakan bertujuan untuk menjamin  tersedianya darah yang cukup bagi ibu hamil, bersalin dan nifas ,mengantisipasi kekurangan kantong darah dan jenis golongan darah langka serta meningkatkan peran serta masyarakat untuk menjadi pendonor darah secara sukarela dalam rangka untuk menurunkan angka kematian ibu hamil bersalin dan nifas, karena penyebab kematian ibu hamil terbanyak adalah karena pendarahan.

Kegiatan quick wins ini bekerja sama dengan UTD ( unit transfusi darah) dari PMI solok, yang merupakan kegiatan rutin program KIA dan bagian dari Inovasi Pacik Bumil puskesmas alahan panjang tutur Kepala Puskesmas Alahan Panjang Darmayanti.

Lanjutnya dengan kriteria pendonor umur diatas 17 Tahun sampai 40 Tahun dan dalam keadaan sehat jasmani. 

Pengambilan darah tersebut harus memperhatikan keselamatan pendonor darah, terutama terkait jumlah darah yang diambil dan jangka waktu pengambilan darah. 

Kemudian pengambilan darah pendonor dilakukan pada pendonor yang telah lolos seleksi, karena manfaatnya untuk pelayanan darah adalah upaya pelayanan kesehatan yang memanfaatkan

Pendonor bertujuan mendapatkan pendonor potensial resiko rendah terhadap infeksi menular lewat transfusi darah, demi menjamin kesehatan dan keselamatan pendonor. 

Lanjut Darmayanti dengan  adanya kegiatan ini diharapkan semua ibu hamil dapat melahirkan dengan aman, lancar.

Selain kegiatan quick win peltn darah, juga dilakukan kegiatan penjaringan PTM dan sosialisasi tentang vaksinasi PD ibu hamil.

Jumlah donor darah sampai saat ini sudah mencapai sebanyak 21 orang, Pungkas  Darmayanti KAPUS Alahan Panjang ***

Pewarta: Etra

Posting Komentar

0 Komentar