Recent Post



Dana Pokir Tingkatkan Usaha UMKM di Kota Bukittinggi

Mentor Kegiatan Maisar Setiawan Munaf berikan masukan kepada salah seorang peserta yang usai berikan persentase produknya "Nasi Bungkus Daun" di muka para peserta 

BARITONAGARI.COM(BNC) BUKITTINGGI_
Dana pokir senilai 300 juta H Syafril disalurkan melalui kegiatan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat bagi yang bergerak di bidang bisnis untuk usaha dikalangan UMKM di kota Bukittinggi, kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Nikita Palaca Jalan Sukarno Hatta garegeh Bukittinggi.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 90 orang, para peserta dalam  pelaksanaan dibagi menjadi 9 kelompok dan dibentuk menjadi dua kelas, kelas I dan Kelas II.

Pelaksanaan kelas I telah dilakukan pada tanggal 4-6 Agustus  sedangkan untuk kelas II dilaksanakan pada tanggal 11 hingga 13 Agustus 2021 kemaren pungkas H. Syafril pada hari Sabtu (14/8) di Bukittinggi saat di konfirmasi.

Kegiatan ini dilakukan khusus untuk penggerak UMKM, supaya bisa termotivasi dalam menjalankan usaha yang dilakukannya pungkas Syafril dari Komisi II DPRD kota Bukittinggi dari fraksi Golkar itu.
H.Syafril Komisi II DPRD Kota Bukittinggi dari Fraksi Partai Golkar.
Lanjut Syafril, sebenarnya kegiatan ini dilakukan serentak semuanya, dan tidak dibagi berhubung sekarang keadaan masih suasana Covid, demi untuk menghindari kerumuanan maka pelaksanaan dibagi dengan jalan tersebut, supaya tidak melakukan kerumunan, dalam pelaksanaan tetap menjalankan prokes pungkasnya.

"Kegiatan ini merupakan kebanggan bagi kita seperti banyaknya masyarakat yang ingin menambah ilmu dan menambah kepandaian terutama di dalam menjalankan usahanya bagaimana yang motivasi dalam berbisnis, buktinya banyak yang akan ikut namun quota bedasarkan anggran dana hanya untuk 90 orang", pungkasnya.

Dalam kegiatan ada yang sudah lama menjalankan usaha dan ada juga yang baru menjalankan usahanya, baik yang sudah lama maupun yang baru bisa motivasi mereka,  pengembangan usaha mereka, dengan kegitan ini akan membuat mereka bersemangat untuk berusaha demi kehidupan ekonomi keluarganya, peserta akan dapat  menambah ilmu Bagaimana marketing, dan memasarkan produk yang dimilikinya dengan arahan yang disampaikan eh mentor yang sudah melalang bauan kesana kemari dalam mberikan materi di bidang pelatihan.

Kegiatan ini akan dilanjutkan untuk 6 hari pertemuan lagi, dengan dibagi menjadi 3 hari per pertemuan guna untuk menghindari kerumuanan pungkas Syafril.

Dana pokir senilai 300 juta  ini merupakan  anggaran 2021 yang diikuti  untuk 90 orang, sedangkan untuk tahun 2022 mendatang dana pokir akan diusulkan senilai 500 juta, dan nanti akan di untukan kepada kegiatan pemuda, karang taruna, Garin masjid dan juga kegiatan ibadah lainnya.

Sementara itu Mentor Maisar Setiawan Munaf  dalam kegiatan tersebut menyampaikan semoga para usaha UMKM yang telah mengikuti pelatihan ini bisa menimbulkan keggairahan mereka dengan materi yang telah disampaikan,apa lagi para usaha bisnis permula dengan semangat yang di berikan bisa mengembangkan usaha yang dijalankan pungkasnya.

Didalam pelatihan ini ada juga para peserta yang mana usahanya saat ini kurang dalam pemasaran pruduk usahanya, dan bingung untukasarlan, diharapkan dengan kegairan pelatihan ini bisa meningkatkan penjualan, karena disini juga telah di berikan baik itu disegi penjualan dengan marketing, dan juga telah disampaikan saling  kolaboratif antar sesama UMKM, karena jika saling mendukung dalam menjalankan usaha akan meningkatkan perekonomian pungkasnya lagi.

Kegiatan seperti dana pokir yang telah di cairan melalui kegiatan berbasisi bisnis di bidang UMKM ini sangat luar biasa karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk masa panjang, sangat luar biasa yang dilakukan oleh salah seorang anggota dewan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat jelasnya.

Semua peserta diharuskan untuk memaparkan produk usaha yang dijalankan untuk di persentase kan di depan para peserta, pada saat salah seorang peserta Fitri Erita yang hanya baru satu tahun berkecimpung di dunia kuliner  yaitu menjual Nasi Tungkuih Daun F3 yang beralamat di birugo mengatakan, kegiatan ini sangat mendukung nanti dalam pengembangan usaha yang dijalankan, karena di sini disampiakan oleh pemateri cukup menyentuh apa ayang akan di jalankan demi perkembangan usaha.

Seperti bagaimana kita strategi serta marketing yang dilakukan dalam meningkatkan penjualan produk yang di kelolah, disampingenampabah jaringan juga diberikan strategi lain dan juga bafaiaman cara marketing dalamemasarkan pruduk di pasaran, dan juga bafaiaman managemen keuangan dalam menjalankan usaha.

Lanjut Fitri, "memang kita telah memberikan waktu demi pelatihan dan memang mengorbankan waktu kita dalam mengikuti pelatihan ini namun, bukan sekedar itu kerugian saja yang di dapat bahkan segudang ilmu dan pengalaman telah di dapat di pelatihan ini, karena sangat membuka wawasan dan serta ide-ide baru  yang akan di kembangkan di bidang usaha yang dijalankan" jelasnya (BN2)

Posting Komentar

0 Komentar