Recent Post



Dandim 0309 Solok Sambut Tim Asistensi Teknis Pusterad Dalam Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika

BARITONAGARI.COM (BNC), SOLOK - Tim Asistensi Teknis (Asnis) Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) yang dipimpin oleh Kolonel Inf Pradito Dwinarwan S.I.P., bersama Letkol Inf Yudi Yahya S.H., dan Mayor Inf Hendri serta didampingi Kasiter Kasrem 032/Wirabraja Kolonel Kav Husnizon S.I.P., disambut Dandim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo S.Sos., M.I.Pol., di Ruang Tamu Utama Makodim 0309/Solok Jln A. Yani No. 1 Kelurahan VI Suku Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok, Selasa (22/6/2021).

Acara Asistensi dan tanya jawab kepada para peserta yang berlangsung di Aula Makodim, Dandim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo S.Sos., M.I.Pol., dalam paparan menyampaikan selamat datang kepada Tim Asnis Pramuka Saka Wira Kartika, kemudian dipaparkan bagaimana upaya Kodim 0309/Solok dalam melakukan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika.

Letkol Arm Reno kembali menyampaikan bahwa saat ini upaya pembinaan yang melibatkan Pramuka Saka Wira Kartika diantaranya untuk meningkatkan pengetahuan Bela Negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat sebagai patriot bangsa yang menjunjung tinggi nilai leluhur bangsa dan tetap menjaga keutuhan NKRI.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah sebuah awalan atau pembukaan kegiatan Asistensi Teknis penyelenggaran kegiatan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika yang dilaksanakan oleh Kodim 0309/Solok oleh Tim dari Pusterad.

"Besar harapan kami dengan diadakannya kegiatan ini dapat meningkatkan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika, sehingga tujuan pelaksanaan pembinaan Saka Wira Kartika ini dapat tercapai dengan maksimal," harap Dandim.

Ketua Tim Asistensi Teknis Pusterad
Kolonel Inf Pradito Dwinarwan S.I.P., Mengawali sambutan Danpusterad ini secara pribadi, saya menyampaikan keprihatinan kita bersama atas wabah pandemi Covid 19 yang sampai saat ini masih melanda seluruh dunia.

Termasuk Negara Indonesia sehingga berpengaruh terhadap tatanan kehidupan dan perekonomian masyarakat, semoga wabah Covid 19 ini segera berlalu dan kita dapat memulai kehidupan normal seperti sedia kala.

Walaupun demikian saya memberikan apresiasi positif terhadap kinerja aparat teritorial yang dapat melaksanakan kegiatan teritorial dengan mempedomani protokol kesehatan.

Kedatangan Tim Asnis, selain untuk bersilaturahmi juga untuk menyamakan persepsi tentang penyelenggaraan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika yang merupakan tindak lanjut dari kebijakan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) tentang teknik pembinaan Pramuka sebagai salah satu fungsi pembinaan teritorial.

Tujuan dibentuknya Saka Wira Kartika adalah memberi pendidikan dibidang matra darat bagi anggota gerakan Pramuka melalui kegiatan nyata, produktif, berguna bagi dirinya dan masyarakat sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing.

Kemudian sasaran dibentuknya Saka Wira Kartika adalah agar para anggota gerakan Pramuka yang telah mengikuti kegiatan memiliki pengetahuan dan keterampilan khususnya pengenalan matra darat serta keterampilan lainnya.

Pramuka sebagai organisasi pendidikan non-formal yang mempunyai kewajiban membina generasi muda sebagai generasi penerus calon pemimpin bangsa di masa mendatang.

Untuk mengetahui sejauh mana hasil penyelenggaraan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika yang telah dilaksanakan Kodim dapat mewujudkan generasi yang memiliki pengetahuan dan kesadaran dalam Bela Negara.***

Pewarta : Jon Indra

Posting Komentar

0 Komentar