Recent Post



Peran Strategis Mavi ( Mantan Atlit Volly Indonesia) Dalam Sporturism Perlu Suport Pentahelix

BARITONAGARI.COM (BNC), BUKITTINGGI - Kekuatan pembangunan suatu wilayah perlu didukung oleh semua elemen. Percepatan pembangunan tak bisa dilakukan satu pihak. Maka konsep pembangunan 'pentahelix', di mana unsur pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha, dan media bersatu membangun kebersamaan dalam pembangunan.

Dalam teori perubahan ada istilah 'pentahelix', ‘penta’ adalah lima dan ‘helix’ adalah jalinan," 
, unsur pemerintah mempunyai political power, untuk merumuskan sebuah kebijakan melalui keputusan. Sementara masyarakat atau komunitas disebut social power. Di sinilah peran MAVI diharapkan terlibat dan dilibatkan dalam proses pembangunan khususnya sportourism yang nanti akan bisa meningkatkan devisa di Provinsi Sumatera Barat  .

MAVI(Mantan Atlit Voli Indonesia)Provinsi Sumatera Barat yang baru saja dibentuk beberapa bulan yang lalu yang didalamnya terdiri dari mantan atlit voli ball Sumatera Barat era-80 yang sekarang sudah berprofesi diberbagai bidang menjadi energi positive bagi pembangunan sporturism meski covid-19 masih berjangkit di Indonesia termasuk Provinsi Sumatera Barat.

Ketiga, ada akademisi. Melalui kekuatan knowledge power menghadirkan ilmu yang menghadirkan hidup ini lebih cepat, lebih murah, lebih berfaedah. Unsur keempat pentahelix, yaitu pebisnis atau pengusaha. Yang terakhir (unsur kelima) dalam pentahelix adalah media.

*Utamakan Protokol Kesehatan*

Namun,  mengingatkan, sportourism juga harus mengikuti aturan protokol kesehatan termasuk dalam proses MAVI menjalan kan program utk bersinergi dengan ke lima jalinan tadi termasuk salah satunya APRINDO SUMATERA BARAT MASA BHAKTI 2020-2024. Hal itu penting karena Indonesia termasuk Provinsi Sumatera Barat masih berada di tengah pandemi virus corona covid-19.

"Sekarang ini, new normal ada penyesuaian, baik, pra kegiatan, kegiatan, pasca kegiatan, supaya tidak jadi cluster baru virus corona. Tanpa disiplin atau protokol kesehatan, bakal memunculkan claster baru covid-19."

Kita harus memutus mata rantai virus ini. Di satu sisi, kita mengaktifkan pembangunan sportourism yang menghidupkan ekonomi masyarakat, di sisi lain kita juga harus memutus mata rantai virus ini," 

APRINDO SUMATERA BARAT masa bhakti 2020-2024 sangat memberikan apresiasi pada MAVI untuk kembali membangkitkan motivasi masyarakat dalam olah raga khususnya Permainan Bola Voli di Sumatera Barat seperti era 80an.***

Penulis : Rinaldi,S.Si,MM(C)
Ketua DPD APRINDO PROVINSI SUMATERA BARAT 2020-2024
(Pemerhati Olah Raga Bola Voli Sumatera Barat)

Posting Komentar

0 Komentar