Recent Post



COVID-19 : Masjid Hidayah Gumala Santuni Dhuafa

BUKITTINGGI - Banyak cara untuk meringankan beban warga tak mampu yang terkena dampak dari pandemi Corona. Masjid Hidayah Kelurahan Guguk Malintang (Gumala) Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang meresponnya dengan cara membagikan 40 paket sembako. 

Ketua Pengurus Masjid Hidayah Gumala, M. Nur Idris,  mengatakan paket sembako ini diberikan kepada kaum dhuafa atau kurang mampu yang berada sekitar masjid untuk meringankan beban ekonomi yang terdampak dari virus Covid-19.

“Sasarannya adalah kaum dhuafa dan guru mengaji MDTA. Semuanya adalah warga yang berada di dalam disekitar lingkungan masjid Hidayah Guguk Malintang" kata M. Nur Idris yang didampingi sejumlah pengurus antara lain sekretaris Iskandar Arief, H. Ramli Dini, H. Taufik, Laswati dan Bujang serta lainnya di halaman Masjid Hidayah Guguk Malintang, Rabu (15/4). 

Wakil Ketua Ramli Dini menambahkan, kegiatan berbagi Masjid Hidayah yang dikemas dalam bentuk Gerakan Berbagi Bersama Masyarakat (GBBM) dalam bentuk pembagian sembako yang awalnya muncul dari keprihatinan jamaah dan masyarakat sekitar terhadap kaum dhuafa sekitar masjid Hidayah yang terdampak dari masalah virus corona. Dana kegiatan ini bersumber dari donasi jamaah dan warga setempat

“Pemberian sembako ini menjadi ikhtiar pengurus masjid dan tokoh masyarakat sekitar untuk saling peduli dan perhatian pada sesama warganya, terutama kepada warga yang sangat terdampak dari pandemi ini,” ujar Ramli Dini. 

Sementara sekretaris masjid, Iskandar Arief menambahkan bahwa dalam setiap paket itu berisi beras seberat sepuluh kilogram, gula pasir ( 1 kg), minyak goreng (1 liter), serta telur 20 buah dengan nilai total paket seharga Rp 160 ribu. Untuk mekanisme pemberian, Iskandar mengatakan, pihaknya melakukan model kupon yang diantar kerumah. Nanti kaum dhuafa penerima datang menjemput kesekretariat masjid diatur satu persatu dengan tetap menjaga protokol phisycal distancing. 

“Ini baru ikhtiar awal pengurus bersama masyarakat sekitar masjid. Insya allah, ke depan masjid akan menjadi sentral untuk menggalang bantuan ekonomi warga. Kita akan berupaya memaksimalkannya dari dana infaq dhuafa dan sedekah warga dan donatur lainnya untuk kegiatan selanjutnya", kata Iskandar. 

Atas sumbangan donasi jamaah dan masyarakat ini, m. Nur Idris selaku ketua Masjid menyampaikan terima kasih dan tetap berharap mengajak donatur untuk menyisihkan rezekinya untuk kegiatan amal ini sampai mudibah virus corona berakhir. Sementara itu untuk menyambut Ramadhan, M. Nur idris menambahkan, pihaknya sudah memiliki sejumlah agenda untuk memakmurkannya. Dengan tagline program bernama Gebiyqr Ramadhan, pihaknya sedang menyiapkan beberapa kegiatan seperti kegiatan ibadah dan akan berusaha mencari donasi sembako dan pembagian santunan anak yatim

“Minggu ini akan menyerahkan santunan kepada 35 orang anak yatim masing-masing diberikan 2 juta secara bertahap dan tetap mengajak jamaah dan masyarakat membuat donasi paket sembako buat warga kurang mampu yang ada di sekeliling masjid. Inssa allah juga akan mengumpulkan donasi bagi guru mengaji dan mubalig yang juga terdampak dari virus coronan ini" ujar M. Nur Idris sembari menyampaikan terima kasih kepada donatur yang sudah menyumbang tahap awal ini.

Posting Komentar

0 Komentar