Recent Post



Pengecekan Kesiap siagaan dan Netralitas TNI Dalam Pemilu ,Kodim 0309/Solok Laksanakan Apel

Solok.BN News- Sebagai wujud kesiapanan dan kenetralitasan TNI dalam Pemilu 2024, Kodim 0309/Solok menggelar apel pengecekan bagi seluruh personil jajaranya di Lapangan Apel Makodim Jl. Ahmad Yani No. 01, VI Suku, Kec. Lubuk Sikarah, Kota Solok, Selesa (28/11/2023).

Apel pengecekan ini dilaksanakan dengan tujuan mengecek seluruh personil tentang kesiapan meghadapi pemilu 2024 yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini.

Perwira Seksi Operasional (Pasi Ops) Kapten Inf Andrianto S.H sebagai pimpinan apel menyampaikan meski seorang anggota TNI tidak memiliki hak pilih, namun tetap harus memahami tahapan pemilu yang sedang dilakukan KPU di daerah jajaran Kodim 0309/Solok.

Kapten Inf Andrianto S.H menyebut, tugas dan tanggung jawab anggota TNI sesuai dengan peraturan perundang-undangan, salah satunya membantu pemerintah agar semua rangkaian dan tahapan pemilu berjalan aman dan lancar.

 "Peran Tentara Nasional Indonesia Dalam Menjaga Keutuhan NKRI Pada Pemilu Serentak Tahun 2024", Pasiops mengatakan bahwa dalam sejarah panjang Pemilu di Indonesia, TNI memiliki pengalaman yang panjang dalam operasi pengamanan Pemilu, peran TNI dari sejak reformasi politik di Indonesia pada tahun 1998. Saat itu, perubahan politik dan demokratisasi membuka jalan bagi Pemilu yang lebih bebas dan adil. Pengalaman TNI dalam pengamanan Pemilu mencakup pemilihan Presiden, Legislatif, Kepala Daerah, dan pemilihan lainnya yang dilaksanakan secara berkala di Indonesia.

 "Selama pengamanan Pemilu, TNI bekerja sama dengan Polri dan instansi lainnya untuk mengawasi potensi ancaman keamanan, mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan menjaga ketertiban umum. Beberapa bentuk Pemilu yang telah dilakukan di Indonesia membutuhkan fleksibilitas dan kekenyalan aparat pengamanan baik TNI maupun Polri. Hal tersebut pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan akan menjadi evaluasi pada pengamanan Pemilu selanjutnya," ujarnya.

Pewarta : 007/008.

Posting Komentar

0 Komentar