Recent Post



LAMANG KUJUIK DAN RENDANG MERIAHKANLOMBA OMDI KE-5 DI MTsN PADANG PANJANG

PADANG PANJANG,  baritonagarinews.com - Lamang Kujuik dan Nasi Rendang ditampilkan dalam bazar memeriahkan pelaksanaan lomba Olimpiade Matematika, IPA, IPS dan PAI (OMDI) Ke-5 Tahun 2023 antar SD/MI Se-Sumbar yang digelar oleh Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MTsN Padang Panjang, dihalaman sekolahnya di Gantiang Padang Panjang, Sabtu (18/11).

Lamang Kujuik yang merupakan makanan khas dari Nagari Batipuh Tanah Datar itu, sengaja ditampilkan oleh panitia OMDI Ke-5 untuk diperkenalkan dan dijual kepada peserta dan tamu undangan yang hadir dalam lomba OMDI di halaman sekolah MTsN Padang Panjang.
Begitu juga nasi rendang yang merupakan makanan khas orang minang ini, juga dijual dalam bazar OMDI Ke-5 oleh panitia dari pengurus OSIM MTsN Padang Panjang. Kedua makanan ini menjadi menu favorit peserta dan tamu yang terjual habis sebelum acara OMDI di tutup oleh Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakanmenag) Kota Padang Panjang Drs. H. Alizar Chan.

Menariknya kedua makanan tersebut, merupakan hasil karya yang dikerjakan atau dimasak langsung oleh pelajar MTsN Padang Panjang sebagai hasil kunjungan Projek Profil Pancasila dari pelajar Kelas VII MTsN Padang Panjang di Kenagarian Batipuh.

Ketua Panitia yang juga Pembina Lomba OMDI Ke-5, Wendra Yenti, S.Pd mengatakan ditampilkanya Lamang Kujuik dan Nasi Rendang dalam bazar OMDI Ke-5 untuk memperlihatkan implementasi dari program Projek Profil Pancasila dari pelajar Kelas VII MTsN Padang Panjang, sekaligus sebagai media belajar wirausaha bagi pelajar sejak dini.

“Lamang Kujiuk dan Nasi Randang ini dimasak langsung oleh pelajar Kelas VIII MTsN Padang Panjang sebagai implementasi program Projek Profil Pancasila. Sengaja ditampilkan dan dijual pada acara OMDI untuk melatih pelajar untuk belajar wirausaha sejak dini” ujar Wendra Yenti yang mengaku senang semua lamang kujuik dan nasi rendang yang dijual pelajarnya laris manis.

Sementara itu, Kepala Madrasah MTsN Padang Panjang Firmawati Anwar, M. Pd, menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya dengan tampilnya hasil karya pelajarnya berupa Lamang Kujuik dan Nasi Rendang dalam bazar lomba OMDI Ke-5 yang digelar di halaman sekolahnya. Ia mengatakan bahwa penampilan bazar baru pertama kali diadakan dalam ajang OMDI sebagai Projek Profil Pancasila.
“Luar biasa kegiatan OMDI Ke-5 dan acara bazar yang menampilkan lamang kujuik dan nasi rendang ini. Terima kasih dan apresiasi saya kepada panitia dan semua majelis guru serta karyawan MTsN Padang Panjang. Senang dan bangga Projek Profil Pancasila bisa langsung di implementasikan saat ini” ujar Firmawati di dampingi sejumlah Wakil Kepala Madrasah dan guru pembina OMDI.

Senada dengan Kepala Madrasah, Ketua Komite MTsN Padang Panjang, M. Nur Idris, SH. MH juga menyampaikan apresiasi ditampilkan lamang kujuik dan nasi rendang dalam acara bazar memeriahkan lomba OMDI Ke-5. Ia memuji hasil karya pelajar MTsN Padang Panjang itu dan mengaku ikut membelinya bebeapa buah.

“Lamang Kujuik yang dijual rasanya enak. Ada pakai tapai dan sari kaya serta kue bolu ikan. Nasi rendang juga enak tidak kalah dengan masakan di restoran dan cafe diluar sana” puji M. Nur Idris sembari berkata rasanya bintang lima harganya kaki lima cuma Rp. 8.000 sampai Rp. 10.000.

Pewarta : Jon Indra

Posting Komentar

0 Komentar