Recent Post



MAN 1 Kota Bukittinggi Berhasil Mengukir Prestasi Dalam Dunia Robotika Internasional.

Bukittinggi BN-News_ MAN 1 Kota Bukittinggi berkibar dikancah internasional setelah berhasil mengukir prestasi membanggakan dalam dunia robotika internasional. Tim Minangkabau Robotik MAN 1 Bukittinggi meraih Juara 1 dalam kompetisi Robotik Transporter International Modern Robotic Olympiad (IMRO) di Ngawi 13-14 Oktober 2023 lalu.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh STKIP Modern dan Pemerintah Kabupaten Ngawi dan diikuti oleh peserta dari 47 negara yang berbeda.

Dibawah binaan Zulkhairi dan Erria Nanda Utama, Tim Minangkabau Robotik MAN 1 Kota Bukittinggi mengikuti lomba sekaligus berhasil membawa harum nama madrasah dan Kota Bukittinggi dalam Ivent Internasional Modern Robotik Olynpiad (IMRO) tahun 2023. Tim Robotik MAN 1 Bukittinggi terdiri dari Nabil Ghaftani Fase F. 2, M. Ghufron Fase F. 8, Nayla Maulida Arrumi Fase F. 7 dan Faizatun Najwa, Fase F. 1.

Nabil dan Ghufran harus menunda kemenangan di babak Final sementara Nayla dan Najwa berhasil mengalahkan pesaing dari berbagai negara dan berhasil meraih medali emas atau juara 1 dalam kategori Robot Sumo 1 Kilo gram.

Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi didampingi Plt. Kasi Pendidikan Madrasah, Hj Tri Andriani Djusair menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih Siswa MAN 1 Bukittinggi dalam ajang Robotik Internasional ini.

“Kami menyampaikan apresiasi dan bangga atas prestasi yang diraih Tim Minangkabau Robotik MAN 1 Bukittinggi. Kompetisi Robotik ini, khusus Sumo menantang peserta untuk merancang, memprogram, dan mengoperasikan robot Sumo yang mampu bertahan dan menumbangkan lawan pada arena laga yang telah ditentukan. Keberhasilan tim MAN 1 Kota Bukittinggi dalam menguasai teknik-teknik robotik ini tidak terlepas dari kesungguhan dan kerja keras mereka dalam berlatih sehingga mampu dalam merancang robot yang canggih menjadikan mereka yang terbaik dalam kategori ini,” tuturnya.

Selanjutnya H. Eri Iswandi berharap prestasi ini dapat memotivasi para siswa Madrasah yang lainnya untuk mengali potensi diri masing-masing sehingga dapat berprestasi di bidangnya masing-masing. “Jangan pernah berhenti berjuang.
Hal terpenting dalam hidup bukanlah kemenangan, tapi jantung setiap perjuangan adalah kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Prestasi ini adalah bukti nyata dari kemampuan dan potensi luar biasa yang dimiliki oleh peserta didik Madrasah khususnya di MAN 1 Kota Bukittinggi,” katanya lagi.
Pemenang ketika di sambut bersama kepala Sekolah MAN I di SMAN 28 Jakarta.

Kepala MAN 1 Kota Bukittinggi Irsyad saat di hubungi pada hari Senin (23/10) menyatakan rasa bangga atas pencapaian tim Robotik dari MAN 1 Kota Bukittinggi. “Kami sangat bersemangat untuk terus mendukung dan mendorong pengembangan minat dan bakat mereka di berbagai bidang, termasuk robotika,” ungkapnya.

Irsyad menambahkan, bahwa dengan prestasi ini membuktikan bahwa MAN 1 Kota Bukittinggi telah berhasil mencapai prestasi sampai internasional seperti tertuang dalam Visi dan Misi MAN 1 Kota Bukittinggi, “meraih prestasi dtingkat nasioal dan Internasional”.

Sementara itu, Zulkhairi, pelatih robotik MAN 1 Kota Bukittinggi merasa bersyujur dengan pencapaian ini. ” Mereka Tim Minangkabau Robotik merupakan anak-anak yang luar biasa, santun, gigih, tekun, dan pantang menyerah, saya bersyukur Allah pertemukan dengan mereka, Trimakasih ananda semua.

Trimakasih yang tak terhingga kepada kepala MAN 1 Kota Bukittinggi, Drs. Irsyad, M. Pd dan kakan Kemenag kota Bukittinggi beserta jajaran yang selalu memberikan suport yang luar biasa kepada Tim Minangkabau Robotik, sehingga kita bisa sejauh ini. Begitu juga trimakasih kepada bapak ibuk wakil kepala, kepala Tata Usaha, atas doa dan dukungannya.

Erria Nanda Utama, pembina dan pelatih Robotik MAN 1 Kota Bukittinggi merasa senang dan terharu dengan pencapaian ini. “Alhamdulillah perjuangan penuh liku, ada tawa ada air mata telah berhasil membawa MAN 1 Kota Bukittinggi, Madrasah yg kita cintai berkibar di Kancah Internasional telah selesai. Selamat kepada Ghufran⁩, Nabil, Nabil⁩, Nayla , perjuangan selanjutnya ada di pundak kalian, Minangkabau Robotik merupakan nama yang di kenal sebagai harimau sumatra itu jati diri Kita. Jaga penuh cinta dan perjuangan.

Trimakasih yang tak terhingga kepada ayah bunda, orang tua wali dari Nabil, Ghufran, Najwa dan Nayla atas dukungan doa dan suportnya. “Kami bisa karena doa dari ayah bunda”, pungkasnya.***

Pewarta:stm/rel

Posting Komentar

0 Komentar