Recent Post



Anggota DPRD Sumbar , "Rafdinal", Bantu Sanggar Silat Alang Ponggongan Birugo


Bukittinggi BN-News_ Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Rafdinal, melalui UPTD Taman Budaya Dinas Kebudayaan  Bantu Sanggar Silat Alang Ponggongan Birugo .

Seperti yang terlihat pada hari Minggu (17/9/2023) melakukan pembinaan terhadap sanggar perguruan silat Alang Ponggongan Birugo Bukittinggi dengan memberikan bantuan perlengkapan keseninan Minang, diataranya Tambua Tansa, Talempong, dan baju Tari dilaksanakan di pekarangan SD 05 Birugo Bukittinggi.

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Rafdinal, mengatakan "kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap kesenian daerah khususnya untuk Agam dan Bukittinggi, dan program ini ada pada Dinas Kebudayaan, maka tahun 2023 ini kita angarkan di Dinas Kebudayaan dalam bentuk sangar seni, sanggar silat yang bersifat tradisi " ucap Rafdinal.

" kita menyalurkan alat kesenian di 4 sanggar seni yang ada di Bukittinggi dan Agam, diantaranya, Alang Panggongan yang berada di Birugo, Sarantak sadaram Padang luar, Sanggar Seni yang berada di Kubang Putih, dan satu lagi bantuan alat kesenian untuk Paguyuban Warga Sunda yang berada di Bukittinggi dan sekitarnya, bantuan ini merupakan dana pokir saya, untuk seni, karena kita peduli terhadap seni yang ada di Sumatera Barat ini", ucap Rafdinal.
Kepala UPTD Taman Budaya Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Supriyadi, dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan motivasi, kreatifitas, semangat dari seniman dalam berkhazanah, untuk kemajuan kebudayaan yang ada di Sumatera Barat , ujarnya.

"Taman budaya sesuai UU no 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan, dimana perlu pengembangan, pembinaan, dan pemanfaatan, salah satu kegiatan", ucapnya.

" Kita mengucapkan terimakasih atas perhatian dan dukungan yang diberikan oleh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dalam hal ini terkhusus buat bapak Rafdinal yang telah memberikan bantuan alat kesenian kepada kelompok sanggar seni dan budaya yang berada di Bukittinggi dan Agam"
Bantuan yang didapatkan oleh kelompok sanggar seni dan budaya tentu tidak terlepas dari perjuangan dan dukungan dari pemerintah, ucap Supriyadi.

Lanjutnya, secara bertahap akan memberikan sarana-sarana kebudayaanya di sumbar, dengan harapan kedepannya seni kebudayaan lokal di Provinsi Sumatera barat bisa semakin tumbuh berkembang, ujarnya.

Senada juga disampiakan salah seorang pelatih sanggar Alang Ponggongan birugo Bukittinggi, Jon hendri mengatakan sanggar ini berdiri semenjak 1982 yang lalu, dan telah banyak juga mengukir prestasi di tingkat daerah dan nasional, ucapnya.

"Disamping ucapan teriam kasih, Kami dari sanggar, berharap kepada bapak Rafdinal, bisa membina kami, mungkin bisa menjadi bapak angkat bagi kami kedepannya, dalam perkembamgan seni di ranah minang ini, terkhusus bagi sanggar seni yang kami jalankan ini," pungkasnya.***

Pewarta :stm

Posting Komentar

0 Komentar