Recent Post



Wagub Sumbar "Audy Joinaldy" Gunting Pita, Pertanda Telah Dibuka Pameran Barang Antik Di Objek Wisata Green House Lezatta.

Agam BN-News_ Wagub Sumbar Audy Joinaldy Gunting Pita pertanda telah dibuka  Pameran Barang Antik di objek wisata Green House Lezatta, Jalan Raya Bukittinggi- Payakumbuh, pada  Jumat (11/8/2023).

Guntingan pita oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy saat itu, didampingi Owner Green House Lezatta,  Eliana, Kalapas Bukittinggi Marten, serta para Undangan yang hadir.

Pameran barang antik ini berlangsung selama satu minggu, hingga 17 Agustus 2023 mendatang.

Ada ratusan koleksi barang antik yang ada di sini, mulai dari aneka peralatan masak kuno, setrika kuno, alat komunikasi kuno, alat transportasi kuno.

Kemudian juga ada koleksi uang kuno dari berbagai pecahan, baik koin maupun uang kertas, alat musik kuno dan masih banyak lagi koleksi barang antik yang dipamerkan, yang berusia puluhan hingga ratusan tahun.

Wagub Audy mengapresiasi Green House Lezatta yang telah berupaya mengumpulkan dan menjaga barang kuno selama bertahun-tahun.

"Ini pertama kali (pameran barang antik) di Sumbar, makanya kami sangat mengapresiasi sekali," ujar Audy Joinaldy.
Wagub mengimbau kepada masyarakat Sumbar, khususnya di Agam dan Bukittinggi untuk datang ke Green House Lezatta.

"Karena, ini bagian dari edukasi, bahwasannya banyak sekali barang-barang bersejarah di sini yang bisa kita pelajari," jelasnya.

Sementara itu, Anggota DPD RI asal Sumbar, Leonardy Harmainy yang ikut menyaksikan pameran itu menyebut kegiatan ini perlu di dukung bersama.

Menurutnya, pameran ini bukan hanya sekedar mengumpulkan barang kuno, tapi bisa mengedukasi bagi semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa.

"Kalau tidak Ibu Hajah Eli (Owner Green House Lezatta) ini yang mau mengumpulkan, yang mau keluar uang, kan bisa hilang nilai sejarahnya," tutur Leonardy.
Leonardy mengatakan, banyak barang-barang kuno yang memiliki nilai budaya dan sejarah yang tinggi, sehingga pemerintah daerah menurutnya harus ikut mendukungnya.

Ia juga mengapresiasi perkumpulan wartawan, Bukittinggi Pers Club (BPC) Bjkittinggi yang telah menggelar lomba video kreatif barang antik, karena menurutnya hal itu sangat unik, katanya.

Lanjutnya "Video itu kan di sosialisasikan dan akan meninggalkan jejak digital dalam jangka panjang. Ini salah satu dukungan dari kelompok wartawan." pungkas Leonardy saat menghadiri pembukaan pameran barang antik di Green Hause lezatta.***

Pewarta :stm

Posting Komentar

0 Komentar