Recent Post



Kanwil Kemenkumham Sumbar Laksanakan Rapat Koordinasi Teknis HAM

PADANG, BN News - Secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Bidang Hak Asasi Manusia Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar mengikuti Rapat Koordinasi Teknis Hak Asasi Manusia bertempat di ruang tuanku imam bonjol kanwil kemenkumham sumbar pada Rabu (08/02).

Rapat koordinasi kali ini sebagai pemateri yaitu Direktur Kerjasama HAM, Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM, Direktur Fasilitasi dan Informasi, Direktur Pelayanan Komunikasi Masyarakat, Sekretaris Ditjen HAM, dan Direktorat Instrumen HAM Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, beserta seluruh jajaran kantor wilayah seluruh Indonesia.

Dari Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar rapat koordinasi ini diikuti oleh Kepala Bidang HAM Dewi Nofyenti, Kepala Sub-Bidang Pemajuan HAM Nofrianda Putra, beserta JFT dan JFU bidang HAM.

Dalam arahan Sekretaris Ditjen HAM menyampaikan target kinerja beserta anggaran kanwil di bidang HAM dan pelaksanaan tugas diantaranya adalah memonitoring dan koordinasi dengan mitra kerja.

Direktur Kerjasama HAM menyampaikan terdapat 514 Kabupaten dan Kota di Indonesia yang menjadi sasaran Kabupaten/ Kota peduli HAM. Adapun aspek-aspek yang harus diperhatikan terkait hal ini yaitu ha katas bantuan hukum, hak atas informasi, hak turut serta dalam pemerintahan, ha katas keberagaman dan pluralisme, hak atas kependudukan, hak kesehatan, hak Pendidikan, hak pekerjaan, hak lingkungan yang baik dan sehat serta perumahan yang layak, dan juga hak atas perempuan dan anak.

Kemudian Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM mengevaluasi kegiatan diseminasi dan penguatan HAM pada tahun 2022 memperoleh capaian kinerja sebesar 84.25% dengan target sebesar 75%. Dengan pencanangan sebanyak 720 unit kerja dari total keseluruhan 920 unit kerja di 33 provinsi telah melaksanakan Pencanangan Pelayanan Publik berbasisi HAM. Kemudian Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM menjelaskan sasaran kegiatan dan indicator kinerja kegiatan di tahun 2023 ini.

Selanjutnya Direktur Fasilitasi dan Informasi menjelaskan tugas dan fungsi Direktorat Fasilitasi dan Informasi DJHAM serta capaian dan target kinerja serta program kinerja yang akan dilaksanakan, yang salah satunya adalah Pengelolaan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Direktur Pelayanan Komunikasi Masyarakat memaparkan terkait penanganan dugaan pelanggaran HAM yang dipecah menjadi 3 wilayah dengan kategori dalam negeri dan 1 wilayah dengan kategori luar negeri. Tidak hanya itu Dit. Yankomas Ditjen HAM juga menjelaskan target dari sasaran kegiatan yang akan dilaksanakan.

Kemudian Direktorat Instrumen HAM menjelaskan terkait evaluasi kegiatan analisis di kantor wilayah tahun 2022 serta program kerja periode tahun 2022-2023. 

Pewarta : 007/008/Humas Kemenkumham Sumbar

Posting Komentar

0 Komentar