Recent Post



Masyarakat Simawang Goro Bersihkan TPU Dan Bangun Pendopo /Palanta

TANAH DATAR, BN News - Masyarakat Nagari Simawang bersama Pemerintahan Nagari Simawang Kecamatan Rambatan Tanah Datar, melakukan gotong royong membersihkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Nagari yang terletak Jorong Piliang Bendang, Simawang (24/1).

Lokasi TPU yang sudah dibangun masa pejabat Wali Nagari Alm. Syaiful Adnan sekitar tahun 2005 kini sudah dipagar dengan luas lebih kurang satu hektar. Sudah terdapat lebih kurang 7 pusara yang ditempati, kini dalam kondisi semak belukar dan dilakukan goro atas inisiatif H. Asrial Sutan Batuah bersama Sy Dt. Rajo Batuah. 

Dalam goro yang dihadiri lebih kurang 100 orang itu, tanpak hadir Wali Nagari Simawang Firman Malin Panduko, Ketua KAN M. Noer Dt. Tianso, Ketua BPRN MS. Dt. Rajo Nan Hitam, Ketua Pemuda Nagari Candra Parmato Sati, Perantau M. Nur Idris, tokoh masyarakat Piliang D. Sutan Marajo, Wali Jorong se-Simawang dan tokoh masyarakat serta pemuda nagari lainnya. 

Asril Sutan Batuah selaku pengagas goro mengatakan kegiatan kali ini menbersihkan semak belukar dan rencana pembuatan pendopo (palanta) di TPU yang bisa dimanfaatkan untuk peziarah nanti. Disamping itu juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat ibadah semi permanen. 

Untuk pembuatan pendopo ini, akan memerlukan dana lebih kurang 50 juta. Juga akan dibuat coran jalan ditengah-tengah TPU untuk akses jalan masuk mobil jenazah dan jalan lewat perziarah bila ke TPU Simawang. Karena itu, dibutuhkan ukuran tangan bantuan dari masyarakat dan perantau simawang. 

Wali Nagari Simawang Firman Malin Panduko, menyambut baik kegiatan goro dan pembuatan pendopo di TPU Nagari Simawang. Wali Nagari muda yang merakyat ini, mengajak masyarakat untuk bersama melakukan goro setiap minggu sampai pendopo selesai. Firman menambahkan untuk dana awal pembuatan pendopo ini berasal sari sumbangan masyarakat. 

"Ini kegiatan bagus sekali dan bernilai ibadah. Keberadaan TPU ini penting karena keterbatas lahan di masing jorong saat ini, makan adanya TPU ini sangat membantu untuk pemakaman bagi keluarga terutama masyarakat Jorong Ombilin" ujar Firman. 

Senada dengan itu, baik Ketua KAN dan Ketua BPRN sangat mendukung goro dan pembuatan pendopo ini.  Keduanya sejak dulu sangat mengharapkan TPU diperbaiki sehingga tidak membuat ragu masyarakat bila ada keluarganya meninggal dunia dikuburkan di TPU ini. 

Mantan Ketua KAN Simawang, SY Dt. Rajo Batuah menjelaskan sejarah singkat keberadaan TPU Simawang ini. Katanya TPU mulai diperbaiki sejak tahun 2002 yang berasal dari hibah keluarga Bandaro Siid. Masa Wali Nagari Syaiful Adnan tahun 2005 lokasi TPU mulai dipagari tembok dan dibuatkan gerbang masuk. 

Pada goro siang itu dilangsungkan peletakan batu pertama pendopo oleh Wali Nagari Simawang didamping Ketua KAN, Ketua BPRN dan sejumlah tokoh masyarakat. Wali Nagari berharap untuk terwujudnya pendopo dan kebersihan TPU ini, Ia mengajak masyarakat dan perantau Simawang untuk menyumbangkan dananya bagi kelanjutan pembangunan pendopo dan kebersihan TPU Simawang.***

Pewarta : Jon Indra

Posting Komentar

0 Komentar