Recent Post



Pembudidayaan Tanaman Jeruk Madu Siam Dan Jeruk Girga, Babinsa Selalu Bantu Laksanakan Perawatan Rutin.

SOLOK, BN-News-Babinsa Koramil 03/Sungai Pagu Kodim 0309/Solok Serda Amradona melaksanakan kegiatan rutinitas pembudidayaan kebun jeruk, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif (P3MP) dibidang pertanian. 

Adapun jenis tanaman jeruk yang ditanam seperti, jeruk girga berjumlah 100 pohon dan jeruk madu siam berjumlah 130 pohon, dengan luas 3600 meter persegi, beralamat di Jorong Timbulun Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir kabupaten Solok Selatan, Minggu (9/10/2022). 

Budidaya tanaman jeruk perlu memerhatikan proses-proses didalamnya seperti pengolahan tanah, pemilihan bibit, pemupukan, pengendalian organisme pengganggu tanaman, dan lain sebagainya. 

Pengelolaan proses budidaya perlu dilakukannya suatu sistem secara berkelanjutan agar hasil yang diperoleh dapat optimal. Sistem pertanian berkelanjutan dapat mengurangi dampak negatif dari penggunaan bahan kimia berlebihan sehingga dapat memberikan hasil yang sehat dan terbebas dari kerugian jangka panjang.
Serda Amradona mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat sehingga terjalinnya sinergitas untuk meningkatkan swasembada pangan yang optimal, karena keberhasilan dalam pertanian akan berdampak yang positif bagi kehidupan masyarakat sehingga masyarakat pun akan terpenuhi persediaan pangan dan kesejahteraan masyarakat akan dirasakan. 

Serda Amradona kali ini melaksanakan pembersihan lahan dan penyiangan rumput liar yang disekitar lahan serta melakukan penyemprotan, pada tanaman jeruk sudah memasuki usia 35 bulan dengan perkembangan pohon jeruk sudah mulai rata mengeluarkan buah.

Kegiatan swasembada pangan ini selalu dilakukan Babinsa agar selalu terjaga kedekatan dengan warganya terutama para petani untuk bersama-sama mewujudkan swasembada pangan yang tangguh yang melimpah," pungkasnya. (PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar