Recent Post



Lapas Klas IIB Solok Ikut Mengsukseskan Penanaman Cabai Sesuai Arahan Kakanwil Kemenkumham Sumbar

SOLOK, BN News - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat (Sumbar) menggalakkan program menanam cabai di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) serta Rumah Tahanan Negara (Rutan) se-Sumbar demi mengendalikan inflasi serta mendukung ketahanan pangan di Provinsi setempat.

Kalapas Klas IIB Solok Untung CS,memperjelas di dalam gerakan menanam cabai tersebut diluncurkan secara resmi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Solok , yang ditandai dengan penanaman 600 batang bibit cabai.

"Gerakan menanam cabai ini sengaja digulirkan untuk mengendalikan inflasi, karena diketahui komoditas ini menjadi faktor penyumbang inflasi," ucapnya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumbar R Andika Dwi Prasetya, di Padang, Rabu 5/10/2022.


Bahwa ia menerangkan tentang program tersebut akan digulirkan di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan yang ada di bawah naungan Kemenkumham Sumbar dengan rincian 23 Lapas atau Rutan, dua Balai Pemasyarakatan (Bapas), dan satu Rupbasan.

"Dalam target " Andika menggerakan menanam cabai ini demi mengendalikan inflasi serta ketahanan pangan  juga menjadi saluran pembinaan bagi narapidana ataupun tahanan.

"Warga binaan pemasyarakatan yang terlibat dalam kegiatan tentunya akan memperoleh kemampuan serta pengetahuan dalam bercocok tanam, sehingga mereka punya bekal ketika bebas nanti," jelas Andika

Kakanwil Kemenkumham Sumbar selain itu di lingkungan penjara  juga mewajibkan seluruh pegawai yang berjumlah 1.600 orang untuk menanam 10 batang cabe di pekarangan rumahnya masing-masing.

Sementara kegiatan  di Lapas Solok   bersama sejumlah pajabat struktual lainnya dan langsung dibibitkan oleh warga binaan yang akan menanam 600 batang cabai di sekitar lapas Solok.
Harapan dalam  gerakan menanam cabai t ini  bisa berjalan dengan sukses sehingga mencapai tujuannya untuk mengendalikan inflasi sekaligus mendukung ketahanan pangan pada Lapas tersebut.

Selajutnya program ketahanan pangan di lingkungan pemasyarakatan sudah dimulai dari 2020 sesuai arahan Menteri Hukum dan HAM, namun untuk komoditas cabai baru dicanangkan hari ini," ujarn untung

Kemudian dari Sumber Daya Manusia (SDM) dan lahan, untuk itu kami butuh Suport dari perintahan propinsi serta pemerintahan  setempat," Pangkasnya Untung CS.

Pewarta : B007/J008.

Posting Komentar

0 Komentar