Recent Post



Hindari Pertumbuhan Rumput Liar Yang Dapat Merugikan Tanaman, Babinsa Lakukan Pembersihan Disekitar Lahan

SOLOK, BN News - Anggota Koramil 10/Lembah Gumanti Kodim 0309/Solok, Serka Ajis Hartim melaksanakan kegiatan dalam rangka Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian bawang merah, bertempat di Jorong Parak Tabu Nagari Sungai Nanam
Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

Kegiatan perawatan yang dilaksanakan Babinsa bersama petani binaan bapak Kandar yaitu melakukan pembersihan rumput yang tumbuh di lahan bawang yang sudah berumur 19 hari. Jumlah bibit tanaman yang ditanam berjumlah 105 kg bibit bawang merah dengan luas lahan 40 x 25 M. Jumat (21/10/2022).
Babinsa Serka Ajis Hartim mengatakan, bahwa pembersihan dari gulma/tanaman liar ini adalah agar tanaman bawang merah bisa tumbuh normal tanpa ada saingan atau sejenis rumput yang merugikan dikarenakan tanaman gulma tersebut dapat merebut atau mengurangi asupan makanan yang dibutuhkan pada tanaman bawang merah.

“Setiap tanaman memerlukan perawatan dan pemeliharaan, tak terkecuali pada tanaman bawang merah, diantaranya adalah pemupukan, penyemprotan hama, penyiangan tanaman atau pembersihan gulma tanaman,” terangnya.

Ia juga menyampaikan, lahan yang ditanami bawang merah merupakan lahan milik pribadi, dalam pengelolaannya juga dibantu oleh saudara kandung dari Serka Ajis Hartim, guna mempermudah memantau perkembangan tanaman bawang merah tersebut.

lanjutnya, dengan adanya penanaman bawang merah ini, Babinsa bisa meningkatkan ekonomi keluarga serta dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar," ujarnya. 

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan motivasi dan edukasi kepada masyarakat petani sekitar dari merawat sampai memanen tanamannya serta melaksanakan pemantauan secara rutin pertumbuhan tanaman sehingga tanaman tumbuh baik dan meningkatnya produksinya.***

Pewarta : Jon Indra
Rellis : Pendim 0309 Solok

Posting Komentar

0 Komentar