Recent Post



Babinsa Nagari Dilam Hadiri Penyulahan PTPR (Pemetaan Tematik Pertanahan dan Ruang) bertempat di Kantor Nagari Dilam.

SOLOK, BN-News-Babinsa koramil 08/Bukit Sundi Kodim 0309/Solok, Serda Richal menghadiri penyuluhan PTPR (Pemetaan Tematik Pertanahan dan Ruang) bertempat di Kantor Nagari Dilam. Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok, Kamis (6/10/2022). 

Kegiatan Pemetaan Tematik Pertanahan dan Ruang yang disingkat PTPR bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh hak, batasan, dan tanggung jawab masyarakat atas tanah tercatat dalam sistem administrasi pertanahan.

Ada pun kegiatan penyuluhan PTPR ini guna untuk pendataan Pemetaan Tematik Pertanahan dan Ruang Nagari Dilam. Guna untuk memperlancar nya pelaksanaan pengukuran PTSL di Nagari Dilam.

Serda Richal menjelaskan “Peta Tematik Pertanahan dan Ruang (PTPR) adalah Peta yang memuat batas fisik bidang tanah dan memiliki informasi penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah (P4T) dan informasi tematik lainnya, yang dilengkapi dengan unsur-unsur geografis (seperti sungai, jalan, dan batas administrasi), termasuk data ketinggian (tiga dimensi/3D) berupa DEM.”
Menurutnya, PTSL bagi masyarakat di antaranya yaitu kepastian dan perlindungan hukum dengan cara memberikan rasa aman dan jaminan kepastian hukum mengenai subjek, objek dan hak atas tanah.

Kemudian, memenimalkan atau memecah sengketa konflik dan perkara pertanahan, yaitu dengan cara memecah dan mengatasi setiap permasalahan yang menyangkut tanah seperti pendudukan tanah secara liar, sengketa tanda batas dan lain sebagainya.

"Ini terjadi karena akibat dari ketidakpastian hukum hak atas tanah, semoga dengan program ini masyarakat dapat merasakan manfaatnya," katanya. 

Kegiatan pelaksanaan penyuluhan PTPR di Kantor wali Nagari Dilam, turut dihadiri oleh Kepala Bidang Survai Provinsi Sumbar diwakili, Kasi Survei BPN Kab. Solok, Wali Nagari Dilam, Babinsa Nagari Dilam, Wali Jorong se Nagari Dilam, Ketua KAN Dilam, Ketua BPN Dilam, Ketua Bundo Kanduang dan Para tamu undangan.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar