Recent Post



Babinsa Hadiri Pelepasan Pawai Maarak Bungo Lamang, Dalam Rangka Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

SOLOK, BN-News-Batuud Koramil 03/Sungai Pagu Kodim 0309/Solok, Serka Yonedi menghadiri dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Pelepasan Pawai Maarak Bungo Lamang di UPT SMP N 01 Solok Selatan, di Nagari Pasar Muara Labuh, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Jumat (7/10/2022). 

Kegiatan pawai yang dilaksanakan Maarak Bungo Lamang dari sekolah SMP N 01 sampai keseribu rumah gadang dan kembali ke sekolah SMP N 01.

Serka Yonedi mengatakan Pawai merupakan iring-iringan sekelompok orang yang biasanya dilakukan di jalan raya, umumnya dilakukan dengan menggunakan kostum, dan biasanya disertai pula dengan iring-iringan alat musik dalam suatu prosesi upacara ataupun acara tertentu.

Dia juga menjelaskan, "Tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW adalah perayaan yang dilakukan oleh umat Islam untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW," terangnya.
Lanjutnya,12 Rabiul Awal merupakan kelahiran Rasulullah SAW yang diperingati sebagai perayaan maulid nabi. Setiap daerah di Indonesia atau dunia memiliki tradisi dalam memperingati kelahiran kekasih Allah SWT. 

Namun terdapat sebuah acara yang banyak digunakan sebagai rangkaian peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, yakni pawai. 

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Camat Sungai Pagu Darmansyah, Sekdis Solok Selatan, Danramil 03/Sungai Pagu diwakili Batuud Serka Yonedi, Kapolsek Sungai Pagu diwakili Bripka Dian, Kalapas kelas 2 Solok Selatan Suwarno, dan Kepala Sekolah beserta para guru SMPN 1 Solok Selatan.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar