Recent Post



Wakili Danramil, Babinsa Koramil 06/Singkarak Hadiri Undangan Sosialisasi Transformasi UPK BKAN Menjadi BUMDesma.

SOLOK, BN-News-Babinsa Muaro Pingai mewakili Danramil 06/Singkarak Kodim 0309/Solok, menghadiri undangan Sosialisasi Transformasi UPK (Unit Pengelola Kegiatan) eks BKAN (Badan Kerjasama Antar Nagari) menjadi BUMDesma (Badan Usaha Milik Desa Bersama) di Kantor Camat Kecamatan Junjung Sirih, Kab. Solok, Selasa (27/9/2022). 

Dalam rangka persiapan tranformasi Unit Pengelola Kegiatan (UPK) eks BKAN (Badan Kerjasama Antar Nagari) menjadi Badan Usaha Desa Bersama (BUMDesma), Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Camat Junjung Sirih. 

Tujuan dari sosialisasi ini untuk menjelaskan kepada masyarakat tentang proses pengalihan BKAN UPK menjadi BUMDesma. 

Babinsa mengatakan, sosisalisasi transformasi eks BKAN menjadi BUMDesma harus dilakukan karena banyak dinamika yang berkembang di masyarakat. Kegiatan ini dilakukan agar para peserta paham aturan, mulai dari pembentukan hingga berjalanya kegiatan BUMDesma.

Selain itu, dengan tarnsformasi memastikan aset dari eks BKAN yang menjadi BUMDesma ini agar tetap lestari. Juga memastikan peserta eks BKAN ini terwadahi dalam BUMDesma dan mendatangkan kemanfaatan yang besar dengan adanya BUMDesma di masyarakat.
“Sebagai Babinsa Muaro Pingai sangat mendukung dan diharapkan BUMDesma ini dapat berkembang dengan unit-unit usaha lainya, sehingga memberikan penghasilan tambahan untuk Pemerintah Desa/Nagari maupun memberikan manfaat dalam bentuk bantuan sosial untuk masyarakat,” harap Babinsa. 

Nara sumber yang berasal dari tenaga ahli kabupaten Solok bapak Yoserizal mengatakan, sosialisasi ini untuk menyamakan persepsi antara UPK eks BKAN dengan Lurah ,BPK, tokoh masyarakat. 

Lanjutnya, transformasi ini dilaksanakan sesuai aturan yang diterapkan secara bertahap. Tujuan transformasi untuk kepastian hukum dan melindungi aset eks BKAN. 

Turut hadir dalam kegiatan Sosialisasi oleh Camat Junjung Sirih, Kapolsek Junjung Sirih, Wali Nagari Paninggahan, Wali Nagari Muaro Pingai, Pendamping Desa (PD), BPN Se-Kec. Junjung Sirih, Kep. Jorong Se-Kec. Junjung Sirih, Tokoh Masyarakat Se-Kec. Junjung Sirih, Tokoh adat Se-Kec. Junjung Sirih dan Tokoh agama Se-Kec. Junjung Sirih.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar