Recent Post



Pastikan Tanaman Dapat Tumbuh Dengan Optimal, Babinsa Lakukan Penyiangan Pada Tanaman Ubi Rambat.

SOLOK, BN-News-Kopda Rahmad Amnur Babinsa Koramil 09/Gunung Talang Kodim 0309/Solok, melaksanakan kegiatan dalam rangka Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian.

Bersama masyarakat petani binaan bapak Abdul dan Iwan yaitu membuka lahan tanaman ubi rambat dengan luas lahan 20 x 30 M, yang bertempat di Jorong Tabek Panjang Nagari Koto Gadang Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Jumat (30/9/2022). 

Hama penyakit yang menyerang tanaman memang seringkali membuat kita resah. Bukan saja kerugian yang berakibat pada turunnya kualitas hasil panen saja tetapi juga biaya ekstra yang harus kita keluarkan untuk pengobatan serta perawatan tanaman yang telah terkontaminasi hama dan penyakit.

Maka dari itu, "untuk menghindari hal-hal tersebut, sebaiknya bagi petani ubi rambat untuk mengetahui dan memahami benar hama dan penyakit apa saja yang dapat menyerang tanaman ubi jalar, serta bagaimana cara pencegahannya," ucap Kopda Rahmad Amnur.
Perkembangan saat ini masih dalam proses perawatan rutin salah satunya melakukan penyemprotan rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman ubi rambat.

"Gulma atau tumbuhan liar yang ada pada tanaman pertanian harus dibersihkan karena akan menghambat pertumbuhan tanaman utama yang berdampak pada pencapaian produksi," terangnya.

Seperti yang sudah dijelaskan, tujuan utama dilakukan penyiangan adalah untuk memastikan tumbuhan dapat bertumbuh dengan optimal, tanpa memperoleh gangguan dari rumput atau tanaman liar yang berada di sekitarnya," ungkap Babinsa.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar