Recent Post



Motivasi Petani Cabe, Babinsa Bantu Pemberian Kapur Pada Tanaman.

SOLOK, BN-News-Babinsa Koramil 0309-03/Sungai Pagu, Serka Yonedi melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian penanaman cabe dengan luas lahan 40x25 M di Jorong Sigintir Nagari Pasir Talang Timur, Kec. Sungai Pagu, Kab. Solok Selatan, Sabtu (17/9/2022). 

Setka Yonedi mengatakan kegiatan yang dilakukan saat ini pengelolahan lahan yang akan ditanami kembali cabe. Lahan yang sudah dicangkul lalu dibiarkan selama 3 Minggu agar humus tanah nya bagus," ujar Babinsa. 

Lanjutnya, setalah itu ditaburkan kapur supaya humus tanah kembali bagus baru dibuat galangan cabe.

Adapun manfaat dari penggunaan kapur pertanian (kaptan) sangat dianjurkan dalam budidaya cabe. Proses pemberian kaptan ini bertujuan untuk meningkatkan ph tanah yang masam akibat pemupukan terus menerus.
Serka Yonedi menyampaikan, dalam pemberian kaptan ini, petani juga tidak boleh berlebihan sebab Hamid menuturkan pH ideal untuk pertanaman cabai adalah 6,5, sehingga petani harus memantau kondisi pH tanah agar pertanaman dan penggunaan kaptan optimal.

Pendampingan oleh Babinsa terhadap warga masyarakat Nagari binaanya untuk membantu pemberian kapur pada lahan cabe demi meningkatkan perekonomian dengan harapan dapat menghemat biaya kebutuhan dapur sehari-hari," ungkap Serka Yonedi. 

“Kami masyarakat Jorong Sagintir Nagari Pasir Talang Timur menyampaikan terima kasih kepada bapak Babinsa dari Koramil 03/Sungai Pagu Serka Yonedi yang mana selalu memberikan motivasi kepada kami warga masyarakat untuk membantu melakukan pendampingan dalam rangka meningkatkan pendapatan warga masyarakat melalui pemanfaatan lahan pekarangan untuk dijadikan kebun cabe demi mengantisipasi krisis pangan.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar