Recent Post



Dandim 0309/Solok Hadiri acara Penutupan Event "Rang Solok Baralek Gadang".

SOLOK, BN-News-Komandan Kodim 0309/Solok Letkol Arm Hendrik Setiawan, S.E., Hadiri acara Penutupan Event 'Rang Solok Baralek Gadang yang bertempat di Jln. Jendral Sudirman, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok dan di Hamparan Sawah Solok. 

Menurut pemaparan Ketua Pelaksana Asisten II Setda Kota Solok Jefrizal,ST,MT, acara yang telah berlangsung sejak Kamis (22/9) sampai Minggu (25/9) yang dipusatkan di Hamparan Sawah Solok iru telah dikunjungi total 25 ribu orang, baik dari dalam Provinsi Sumbar dan wisatawan nasional bahkan Turis Mancanegara diantaranya Polandia, Australia, Singapore dan Malaysia.

Event yang diawali dengan tradisi adat Batulak Bala itu secara resmi ditutup langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat, H.Mahyeldi Ansrullah, S.P., Minggu (25/9/2022).

Sebelum ditutup oleh orang nomor satu di Sumbar itu, digelar pawai budaya Kota Solok dengan menampilkan 13 Tradisi Minangkabau dengan start dari Kelurahan Pasar Pandan dan Air Mati (PPA) dan finish di Hamparan Sawah Solok, dan diakhiri dengan tradisi Makan Baronjin.

Dalam sambutannya saat menutup event Akbar, perhelatan kebudayaan itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya dengan sukses a acara yang berlangsung selama 4 hari itu. Menurutnya,kesuksesan pelaksanaan Rang Solok Baralek Gadang ini tidak terlepas dari kekompakan, sinergitas dan kolaborasi seluruh pihak terutama Wali Kota Dan Wakil Wali Kota sebagai pemegang kemudi gerak laju roda pemerintahan dan pembangunan 

"Seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar serta putaran perekonomian di Event ini sangat besar sekali. Para pedagang yang saya temui tampak tersenyum lebar karena dagangannya laris," ujar Mahyeldi.

Sebagai apresiasi, bahkan Gubernur menjanjikan untuk tahun 2023, peningkatan anggaran ke Kota Solok dua kali lipat dari tahun ini, yaitu sebesar 50 Milyar.

Gubernur Sumatera Barat yang akrab disapa Buya itu juga menyampaikan bahwa pada tanggal 1 Oktober 2022 mendatang, yang bertepatan dengan HUT Provinsi Sumbar, akan dimulai penerbangan perdana Pesawat Jurusan Padang (Indonesia) - Kuala Lumpur (Malaysia) secara langsung. 

"Ini merupakan langkah strategis untuk memajukan pariwisata di Provinsi Sumatera Barat, dengan harapan kedepan kunjungan wisatawan semakin meningkat dengan pesat sehingga menjadi penggebrak geliat perekonomian masyarakat," ujarnya.

Senada dengan gubernur, Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar mengungkapkan rasa syukur karena berkat do'a dan dukungan seluruh pihak setta masyarakat Kota Solok, acara Rang Solok Baralek Gadang yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dapat terselenggara dengan baik, lancar serta memuaskan.
"Ini merupakan bukti, jika telah bersama-sama dalam menjalankan suatu kegiatan maka tidak ada yang berat tidak bisa dipikul dan yang ringan tidak bisa dijinjing. Kekuatan ini, semoga juga menjadi suatu faktor kita dalam mewujudkan Solok Berkah, Maju dan Sejahtera (Berjuara)," tutur Wali Kota.

Selain itu, ucapan terima kasih juga disampaikannya atas perhatian luar biasa dari Gubernur Sumbar. 

"Kemarin, Gubernur juga sudah melihat Stadion Marahhadin di Kelurahan Laing dan Subuh memberikan Tausiyah di Masjid Agung Kota Solok. "Rasa bangga kami memiliki gubernur yang sangat perhatian khususnya Kota Solok," ujar Zul Elfian.

Dengan keberhasilan Event Rang Solok Baralek Gadang tahun 2022 ini, Wako berharap tahun depan Kota Solok akan masuk lagi dalam Kharisma Event Nusantara (KEN).

Secara terpisah, Dandim0309/Solok Letkol Arm Hendrik Setiawan, S.E., juga menyampaikan apresiasi. Menurutnya, Event Rang Solok Baralek Gadang luar biasa.

"Ini adalah kesempatan yang baik bagi kita semua untuk menyaksikan serta mengetahui lebih dalam tentang keelokan adat dan budaya Sumatera Barat khususnya kota Solok, sehingga saya sendiri tidak menyia-nyiakan kesempatan yang mungkin seumur hidup sekali ini bisa saya ikuti. Ini harus dilaksanakan setiap tahunnya dan semoga kedepan lebih mantap lagi," sebut Dandim.

Turut hadir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno diwakili Direktur Pemasaran Pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dwi Marhen Yono, SSTP,M.Si, Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran, Pj.Wali Kota Payakumbuh, Rida Ananda, para kepala daerah tetangga, Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra, Dandim 0309/Solok Letkol Arm Hendrik Setiawan, S.E., Kapolres Solok Kota AKBP Ahmand Fadilan, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Solok. 

Selain itu hadir, Camat, Lurah se-Kota Solok, Ketua Keluarga Besar Kota Solok (KBKS), penasehat dan perantau Kota Solok, unsur Bundo Kanduang, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai serta ribuan masyarakat Solok.

Posting Komentar

0 Komentar