Recent Post



Babinsa Pantau Perkembangan Tanaman Cabai Setelah melaksanakan Penyemprotan Hama.

SOLO, BN-News-Babinsa Koramil 07/Sungai Lasi Kodim 0309/Solok, Serda Alwi melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian yaitu tanaman cabai merah, yang berada di Nagari Tarung-Tarung Jorong Sawah Baruah, Kec lX Koto Sei Lasi, Kab. Solok, Minggu (18/9/2022). 

Masyarakat yang terlibat dalam Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif adalah bapak Muklis. Lahan cabai merah yang dimiliki bapak Muklis ini mempunyai luas lahan lebih kurang 30x20 M. 

Serda Alwi menyampaikan, dalam setiap budidaya tanaman tak akan lepas dari kendala dan resiko yang akan dihadapi sebagai langkah untuk pengendalian pun harus segera dilakukan, guna untuk mengendalikan atau meminimalkan kerugian yang akan terjadi.

Lanjutnya, adapun kendala dan resiko dalam budidaya tanaman cabe biasanya berupa serangan hama dan penyakit. 
Pengendalian hama trek penyebab daun cabai keriting dan membusuk setelah terjadi serangan adalah melakukan penyemprotan dengan mengunakan insektisida yang tepat sasaran. Dapat menggunakan insektisida yang berbahan aktif seperti abamektin, karbosulfan, fipronil atau imidakloprid.

Pada saat ini Babinsa melakukan pemantauan perkembangan pada pohon cabai sehabis dilaksanakan penyemprotan Hama Trek yang mengakibatkan pembusukan pada buah cabai, dengan pertumbuhan tanaman sudah memasuki umur 87 Hari.

"Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kami selaku Babinsa, untuk membantu dan mendampingi masyarakat petani serta monitoring perkembangan tanaman hingga panen," ucap Serda Alwi. 

Di samping itu Babinsa dituntut agar mengetahui keluh kesah petani dan pola tanam sesuai dengan prosedur demi hasil yang maksimal,” tuturnya.(PENDIM0309). 



Posting Komentar

0 Komentar