Recent Post



Babinsa koramil 12/Sangir, Laksanakan Sosialisasi PMK (Penyakit Mulut dan Kuku).

SOLOK, BN-News-Babinsa Koramil12/Sangir Kodim 0309/Solok, Serka Denisahgusmarnik yang bergabung bersama Satgas penanganan PMK sebagai pasilitator melaksanakan Sosialisasi PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) terhadap peternak hewan yang mempunyai kuku belah/genap seperti sapi, kerbau dan kambing/domba.

Kegiatan Sosialisasi PMK ini bertempat di Nagari Lb Malako, Kecamatan Sangir Jujuan, Kabupaten Solok Selatan, Rabu (28/9/2022). 

Tujuan untuk melihat kondisi ternak masyarakat yg ada di wilayah Kota Solok, apakah masih ada yang terjangkit PMK dan penyakit lain nya seperti penyakit cacar yang menjadi keluhan masyarakat peternak saat menghadapi bila sapi dan kambing mereka mengalami sakit.

Babinsa menjelaskan, Dalam mengantisipasi penyebaran PMK di wilayah desa binaan, dirinya bersama Bhabinkamtibmas dan Petugas Dinas Peternakan rutin berkeliling mengadakan pemeriksaan dan pemberian vaksin hewan ternak milik warga.
“Kami bersama petugas Satgas PMK rutin mendatangi para pemilik ternak hewan dan melakukan pemeriksaan serta penyuntikan vaksin pada ternak sapi dan kambing milik warga. Hal ini kami lakukan untuk meminimalisir adanya penyebaran PMK di wilayah desa binaan,” ujar Babinsa. 

Dalam Sosialisasi Babinsa juga memberikan himbauan dan edukasi, serta membagikan brosur kepada para peternak sapi dan kambing. Selain itu Babinsa mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan kandang, karena dengan menjaga kebersihan kandang ternak merupakan salah satu upaya untuk pencegahan penyebaran wabah PMK.

“Upaya pencegahan lebih diutamakan karena dengan pencegahan lebih evektif dari pada mengobati hewan ternak yang telah terjangkit PMK mengingat dampak dari PMK tersebut sangat buruk dan sangat merugikan peternak,” pungkasnya.(PENDIM0309). 

Posting Komentar

0 Komentar